Kompas.com - 30/01/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

 

KOMPAS.com - Dunia sedang waspada menghadapi penyebaran virus corona. Virus yang memicu masalah pneumonia ini telah ditemukan di 18 negara. Walau belum ada vaksinnya, namun kita bisa mencegah tertular virus ini dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem imun yang kuat akan mengurangi kemungkinan tertular infeksi virus. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh yang bagus merupakan modal untuk penyembuhan infeksi virus, termasuk corona, karena infeksi virus termasuk dalam self limiting diseases (dapat sembuh oleh sistem imun tanpa membutuhkan obat-obatan).

Menurut dr.Elvin Gultom, direktur klinik kesehatan dan kecantikan Rhed Clinic, jika terjangkit virus, penanganan yang dilakukan adalah dengan menyembuhkan gejalanya.

“Misalkan jika ditandai dengan batuk pilek, kesulitan bernapas, atau demam, maka gejala itu yang harus disembuhkan. Untuk membasmi virus itu sendiri tetap daya tahan tubuh yang akan melawannya,” katanya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun. Yang utama adalah dengan mengasup makanan bernutrisi dan menjalani gaya hidup sehat, seperti tidur cukup, berhenti merokok, sering mencuci tangan, serta mengelola stres.

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber antioksidan yang baik. Dianjurkan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari.

Kita juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin jika pola makan kita kurang lengkap dan bervariasi.

Baca juga: Hanya dengan Daya Tahan Tubuh Bagus, Bisakah Kita Sembuh dari Virus Corona?

Air hidrogen

Tren lain dalam dunia kesehatan adalah konsumsi air hidrogen yang diklaim mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Minuman hidrogen sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Jepang, dengan nama Shin’nooru solution. Pada dasarnya minuman ini adalah air yang ditambahkan hidrogen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.