10 Kebiasaan yang Membuat Kita Tidak Bahagia

Kompas.com - 30/01/2020, 12:52 WIB
Ilustrasi tidak bahagia Marjan_ApostolovicIlustrasi tidak bahagia

KOMPAS.com - Seriap orang ingin bahagia sepanjang hidupnya, namun kenyataan tak selalu berjalan sesuai keinginan. Tidak ada formula ajaib untuk mendapatkan kebahagiaan.

Meski begitu, ada kebiasaan yang bisa kita ubah demi menciptakan hari-hari yang lebih bahagia.

Jika kamu terbiasa melakukan hal-hal berikut, mungkin itu yang membuat kehidupanmu kurang bahagia. Cobalah mengubahnya dan kamu akan merasakan perubahan hidup.

1. Obsesi memikirkan semua hal

Ketika mengkhawatirkan sesuatu, kita biasa merasa memiliki kendali. Namun, ada banyak hal di dunia ini yang di luar kendali kita. Sesuatu yang buruk bisa terjadi pada kita dan orang-orang terdekat kita.

Pada kondisi tersebut kita biasa diserang oleh berbagai kekhawatiran. Padahal, khawatir tidak akan mengubah apapun di dunia nyata.

Khawatir hanya akan menimbulkan kecemasan dan menjauhkanmu dari kebahagiaan yang ada dalam kendalimu.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Kita Lebih Bahagia di Pagi Hari

2. Menghindari konflik dan masalah

Sebagian orang benci dengan konfrontasi. Akhirnya, mereka kemudian mengikuti apa yang orang lain mau dan mengabaikan kebutuhan pribadi. Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak menyehatkan.

Tetaplah menjadi dirimu sendiri, jalani ide-ide, nilai, dan keinginanmu apapun hasilnya.

Kabur dari masalah juga merupakan kebiasaan buruk lainnya yang menghindarkan seseorang dari rasa bahagia. Misalnya, takut gagal membuatmu justru tidak mau menghadapi masalah.

Apapun itu, semakin lama kamu menahanannya, akan semakin besar ketidakpuasan yang dirasakan.

3. Menangani lebih dari kemampuan

Baik di kehidupan pekerjaan maupun pribadi, jika kamu terlalu membebani dirimu dengan tanggung jawab, kamu akan lelah dan tidak bahagia.

Cobalah kurangi atau selesaikan hal-hal yang membuatmu stres dan jangan lagi lakukan itu.

Beristirahatlah, nikmati hari-harimu dengan melakukan hal yang kamu sukai. Keseimbangan gaya hidup adalah kunci kebahagiaan.

Baca juga: Ubah Pola Pikir Negatif Demi Hidup Bahagia

4. Merendahkan diri

Bagaimana kamu bisa bahagia jika tidak sehat dan mencintai hubungan dengan dirimu sendiri?

Terus-menerus merendahkan diri dan merendahkan kemampuanmu, akan menciptakan sistem kepercayaan negatif yang hanya akan menjauhkanmu dari kebahagiaan.

5. Selalu melihat orang lain lebih baik

Sindrom "rumput tetangga selalu lebih hijau" membuatmu terus percaya, bahwa selalu ada yang lebih baik daripada yang kamu punya.

Jika kamu menolak menjalani momen-momen indah dan orang-orang menyenangkan di sekitarmu, kamu mungkin akan sulit menemukan kebahagiaan. Apresiasilah apa yang sudah kamu miliki.

Baca juga: Ini Dia Pertanda Wanita Tidak Bahagia Jadi Seorang Ibu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X