Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2020, 13:24 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Sebagai tempat untuk menyiapkan makanan, dapur seharusnya menjadi tempat yang higienis dan bersih, terutama hama seperti tikus.

Tikus memang hewan yang senang berada dekat atau di dalam rumah. Dengan mudah mereka akan menginvansi rumah, terutama jika ada sisa makanan, air, dan tempat untuk bersarang.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat dapur bebas dari tikus.

- Tutup akses masuk
Tahukah Anda bahwa tikus curut memiliki tubuh yang sangat elastis. Hewan pengerat ini dapat masuk ke dalam lubang yang lebarnya kurang dari satu inchi, terutama jika di dalamnya ada makanan yang membuatnya tertarik.

Periksa seluruh bagian dapur apakah ada lubang yang memungkinkan tikus masuk. Cek ke bagian kabinet, laci, di bawah kompor, bahkan kulkas.

- Tutup rapat semua makanan
Tak heran jika tikus senang di dapur karena ada makanan di situ. Karenanya, selalu simpan makanan atau sisa makanan dalam wadah yang tertutup rapat agar tikus tidak bisa mencurinya.

Baca juga: Panduan Melakukan Detoks Dapur

- Jaga dapur selalu bersih
Tikus dapat bertahan hidup dengan hanya sejumlah kecil makanan. Mereka hanya butuh sekitar 3-4 gram makanan sehari. Jadi, secuil sisa roti yang tercecer adalah camilan yang disukainya.

Walau secuil sisa makanan di meja dapur tak terlalu terlihat, tetapi itu sudah cukup bagi tikus untuk menjadi incaran.

Cara terbaik untuk menjaga dapur bebas tikus adalah membuat dapur bersih dan rapi. Selalu bersihkan dapur setelah memasak agar tidak ada sisa-sisa makanan yang tercecer.

- Hindari tempat yang bisa dijadikan sarang
Secara berkala lakukan pembersihan mendalam pada dapur. Periksa tempat-tempat yang kemungkinan dijadikan sarang, terutama tempat yang tersembunyi dan hangat.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan dan Merapikan Dapur

- Coba gunakan peppermint
Aroma peppermint memang terasa menyegarkan untuk kita, tapi tidak untuk tikus kecil. Peppermint menjadi aroma yang terlalu kuat dan mereka tak menyukainya.

Anda bisa mencoba memakai spray beraroma peppermint untuk disemprotkan ke area yang sering dilalui tikus. Alternatif lain memakai lilin dan essential oil beraroma mint. Dapur akan terasa lebih harum dan tikus pun lenyap.

Baca juga: Mengapa Tikus Rumah Sering Lolos dari Perangkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com