Lakukan Ini Bila Bayi Terkena Dermatitis Atopik

Kompas.com - 02/02/2020, 20:35 WIB
Ilustrasi bayi ShutterstockIlustrasi bayi

KOMPAS.comDermatitis atopik atau eksim merupakan gangguan kulit yang sering diderita bayi namun belum diketahui penyebabnya.

Dermatitis atopik biasanya menimbulkan rasa gatal dan bintil kemerahan pada kulit, sebagian kecil akan bersifat kronis dan bisa menyebabkan luka. 

"Ketika orang berpikir tentang eksim pada anak-anak, mereka membayangkan tambalan kecil yang gatal, tetapi pada kenyataannya, itu bisa menjadi penyakit kronis yang melemahkan," kata Dr. A. Yasmine Kirkorian, MD ahli dermatologi anak.

Hingga kini, belum ada jawaban pasti penyebab eksim ini, namun gen berperan besar. Dengan kata lain, bila saat kecil orangtuanya menderita eksim, anak-anak bisa saja merasakan hal serupa.

Seperti halnya tingkat alergi dan asma, kasus-kasus eksim kian meningkat, setidaknya dua kali lipat dari yang terjadi di negara-negara maju pada 1970-an.

Kabar baiknya adalah, perawatan untuk eksim juga mengalami kemajuan selama beberapa dekade terakhir.

Baca juga: Mengenal Dermatitis Atopik pada Bayi dan Cara Merawatnya

Apa yang harus dilakukan

1. Gejala

“Tidak ada tes khusus yang dapat mendiagnosis eksim, itulah sebabnya dokter mengacu gejala,” kata Dr. Jonathan Spergel, M.D., Ph.D., pakar alergi di Rumah Sakit Anak Philadelphia.

Pada bayi, gejalanya adalah kemerahan, bersisik dan berkerak di lengan dan kaki, pipi dan kulit kepala.

Pada balita dan anak-anak cenderung mempengaruhi pergelangan tangan, lengan, lipatan siku dan punggung lutut dan leher. Kondisi ini selalu menyebabkan gatal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X