Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2020, 09:04 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sneaker Adidas Kobe 2 -mungkin tepat, disebut sebagai salah satu sneaker performa paling ortodoks yang pernah diciptakan.

Sepatu Adidas ini seolah tidak seperti sepatu yang lekat dengan lapangan basket, apalagi dipakai oleh seorang superstar.

Sejak debutnya pada tahun 2001, Adidas Kobe 2 mendapat banyak sorotan. Termasuk pada tajuk utama yang menyebut Adidas Kobe 2 sepatu "NSFW" (not safe for work).

Baca juga: 21 Sneaker yang Warnai Hidup Kobe Bryant...

Tentu "gelar" itu menjadi sebuah "keburukan". Bagaimana tidak? Sepatu itu disebut sebagai "sneaker terjelek yang pernah dipakai Kobe Bryant".

Bahkan ada artikel lain yang menanyakan "apakah itu sneaker?"

Sebelumnya, "sang kakak", Kobe 1 dikonsep oleh desainer Eirik Lund Nielsen, yang terkenal menggunakan Audi TT Roadster untuk mengungkapkan bentuknya.

Katalog Eastbay menjelaskan, sepatu seharga 124,99 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta itu dibuat dengan bahasa desain yang terinspirasi dari dunia otomotif.

Baca juga: Anthony Davis Pamer Sepatu Nike Kobe 5 Protro Kay Yow

Di mana heel dan toe menggambarkan "spoiler" dan "grill" dari sebuah mobil.

Kutipan dari Nielsen yang ada di dalam katalog menyebutkan, "kunci desain Kobe adalah proses kolaborasi antara industri otomotif dan alas kaki."

"Ini terinspirasi dari pendekatan desain yang unik. Secara tradisional, desain footwear dimulai dari yang terakhir, sebelum kemudian berkembang ke luar."

"Dengan Kobe, kami membangun sepatu dari luar ke dalam. Bahan berkualitas yang berpasangan dengan pendekatan desain unik  melahirkan salah satu sepatu basket paling inovatif yang memasuki pasar dalam sejarah."

Baca juga: Akhirnya, Vanessa Bryant Bicara soal Kematian Kobe dan Gigi...

Nah, Kobe 2 yang futuristik mengadopsi bahasa desain serupa, dan menuangkannya ke low-top yang -ternyata, terlihat aneh dengan jalur warna monoton.

Setelah tragedi 11 September 2001, Bryant mengenakan Kobe 2 bertema bendera Amerika Serikat pada malam pembukaan musim 2001/2002.

Sepatu tersebut dirilis ke publik pada 7 Desember 2001.

Kobe 2 hadir dengan kumpulan iklan televisi dan penayangan di majalah, termasuk satu iklan yang menjadi ikon sampai hari ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com