Kompas.com - 03/02/2020, 13:49 WIB
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Sentuhan pada pasangan, meskipun sekecil apapun, bisa membawa berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis. Baik itu dengan bergandengan tangan, rangkulan singkat, sampai bermanja-manjaan.

Jika dilakukan dengan orang tersayang, hal-hal tersebut bisa membuat kita dan pasangan merasa bahagia.

Sentuhan kecil melalui kebiasaan berpegangan tangan, tidak hanya terasa menyenangkan. Efeknya ternyata bisa melebihi perasaan nyaman. Apa saja manfaat bergandengan tangan bagi kesehatan dan hubungan percintaan?

Meredakan stres:

Penelitian mengungkap bahwa bergandengan tangan atau berpelukan, mampu menurunkan hormon stres yang disebut kortisol. Berkurangnya level kortisol ini akan mengurangi stres yang kita alami.

Sentuhan yang berlangsung saat bergandengan tangan juga meningkatkan produksi oksitosin, hormon yang mempengaruhi perasaan aman terhadap seseorang.

Hormon oksitosin pada dasarnya bisa meningkatkan kesetiaan, kepercayaan, dan mempererat hubungan dengan pasangan.

Lebih lanjut lagi, hormon oksitosin akan meningkat jika sentuhan menjadi semakin intim, seperti berpelukan dan memberikan pijatan. Sehingga, kita akan semakin merasa dekat dengan pasangan.

Baca juga: Manfaat Lain Wewangian, Meredakan Stres

Meningkatkan kualitas hubungan:

Hormon oksitosin yang diproduksi pada saat bergandengan tangan bisa menghasilkan perasaan saling percaya dan kesetiaan. Hormon ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan jangka panjang dan kebahagiaan kita maupun pasangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.