Kompas.com - 03/02/2020, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Tidak hanya pada masa kehamilan, ibu juga perlu menjaga kondisi kesehatannya pasca persalinan terutama pada masa periode menyusui.

Tak perlu bingung memikirkan apa saja yang perlu diperhatikan dalam usaha menjaga kesehatan di masa menyusui. Berikut hal cara yang perlu ibu perhatikan:

1. Makan dengan baik

Pola makan yang baik sangat penting untuk masa menyusui. Konselor menyusui dengan the National Childbirth Trust (NCT), Jane Moffet mengatakan, ibu harus merasa kenyang terlebih dahulu untuk membuat bayi kenyang.

"Makanlah bervariasi dan seimbang. Jika kamu vegan, maka pertimbangkan mengonsumsi makanan yang diperkaya kalsium," katanya.

Gandum utuh, protein dan sayur-sayuran membantu mengatur gula darah dan mengurangi rasa lapar terhadap makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

Namun, karena menyusui membakar sekitar 300 kalori per harinya, maka masa ini bukanlah saatnya untuk memangkas kalori. Apalagi ibu juga menyusui di malam hari.

Baca juga: Tetap Menyusui Bayi Ketika Ibu Hamil Lagi, Amankah?

2. Memerhatikan kesehatan emosional dan mental

Seperti elemen di awal masa pengasuhan anak lainnya, menyusui mungkin berbeda dari yang kita duga sebelumnya.

Ibu mungkin akan merasa lebih lelah, frustrasi, bingung, atau merasa membutuhkan bantuan.

Menurut riset yang dilakukan oleh NCT pada 2017, setengah dari para ibu mengalami masalah kesehatan mental pada beberapa waktu di masa kehamilan atau pada tahun pertama kelahiran anak.

Jika kamu merasa membutuhkan bantuan, tanyalah lebih lanjut kepada dokter atau bidan tentang klinik menyusui atau kelompok pendukung lainnya.

3. Istirahat cukup

Ironisnya, tekanan untuk harus rileks bisa membuat ibu menyusui lebih stres daripada sebelumnya. Jadi, alih-alih memaksakan tidur jika bayi sedang tidur, ibu bisa melakukan hal menyenangkan lainnya yang membuat hati senang.

Istirahat tidak harus tidur, tetapi bisa bersantai di sofa, menonton telebisi atau mendengarkan musik. Kegiatan apapun yang membuat senang.

Baca juga: Pahami Mitos dan Fakta Seputar Menyusui

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.