Kompas.com - 03/02/2020, 15:49 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anak-anak yang baru lahir sampai yang duduk hingga kelas 4 sekolah dasar saat ini, termasuk generasi alpha. Generasi ini lahir pada 2010-2025. Secara garis besar, anak-anak yang masuk kategori ini, lahir di abad 21.

Anak-anak dari generasi alpha akan memiliki karakteristik yang khas, termasuk pada cara mereka belajar dan berinteraksi. Maka, orangtua dan pendidik juga perlu memahami kecenderungan sikap dan perilaku mereka seturut jamannya.

Anak zaman sekarang telah menghadapi dunia lewat perspektif yang berbeda dari generasi sebelumnya. Perspektif ini juga menantang bagi para orangtua. Misalnya, perdebatan tentang efek bermain gadget, atau malah manfaatnya untuk belajar dan mengenal dunia?

Baca juga: Kenali Karakter Generasi Alfa yang Akrab dengan Teknologi

Generasi alpha lahir di era teknologi, apa efeknya?

Hari ini, anak-anak balita sudah belajar mengoperasikan gawai layar sentuh sejak umur dua tahun. Ada kasus orangtua yang panik akan respons gawai kecerdasan artifisial saat anak balitanya berbicara untuk memberikan instruksi pada si gawai.

Teknologi ini memang akan menjadi bagian dari pertumbuhan anak-anak generasi alpha. Berikut ini adalah dua dampak penggunaan teknologi oleh generasi alpha.

Anak belajar melalui IOT, internet of toys:

Tren teknologi dengan gawai kecerdasan artifisial dengan pengenalan citra dan suara, saat ini sudah menyasar anak-anak generasi alpha.

Hasil penelitian terhadap anak-anak yang menggunakan gawai ini menunjukkan bahwa interaksi ini bisa berpengaruh untuk mengubah persepsi anak tentang kecerdasan saat bersekolah nanti.

Artinya, anak akan cenderung mengartikan kecerdasan sebagai kemampuan menghafal. Namun, kita belum tahu konsekuensi lebih lanjutnya. Penelitian jangka panjang mengenai hubungan paparan layar gawai dengan perkembangan otak, masih dikembangkan dan terus berjalan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.