Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APL Buka Pusat Distribusi Farmasi di Cikarang

Kompas.com - 03/02/2020, 18:22 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) yang merupakan perusahaan layanan kesehatan secara resmi telah membuka National Distribution Centre (NDC) di Cikarang, Jawa Barat.

NDC yang dibangun ini merupakan gudang untuk mendukung distribusi layanan produk kesehatan.

Presiden Director APL Christophe Piganiol mengatakan dengan adanya APL di Cikarang dapat membantu distribusi produk kesehatan ke lebih banyak masyarakat Indonesia.

"Hal ini sejalan dengan intruksi dari pemerintahan Indonesia untuk melakukan dan mendukung pengembangan industri farmasi dan industri alat kesehatan, kami juga berkomitmen tinggi untuk percepatan industri 4.0 dalam bidang kesehatan," ujarnya di Cikarang, (3/2/2020).

Baca juga: Industri Farmasi Berharap pada Penguatan Rupiah

Nilai investasi untuk pembangunan NDC mencapai lebih dari Rp 300 miliar dan berada di lahan seluas 39.930 meter kubik.

"NDC Cikarang ini mampu menampung produk kesehatan dalam kapasitas lebih dari 19.000 pallet, memiliki sistem pemadam kebakaran dan akses kontrol 24 jam dan memiliki 16 total loading dan dock yang dilengkapi dengan inflatsble dock shelter dan dock leveler," jelasnya.

Sementara itu Kementerian Kesehatan Indonesia melalui Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Engko Sosialine mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi APL yang telah mengahdirkan National Distribution Center sebagai salah satu inovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pendistribusian obat dan alat kesehatan hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

"Salah satu prioritas Kementerian Kesehatan saat ini adalah menjamin ketersediaan, pemerataan dan keterjangkauan produk-produk kesehatan dan APL melalui NDC ini turut membantu itu, saya berharap APL terus berlayar dan berinovasi untuk meningkatkan derajat kesehatan Indonesia dalam rangka menciptakan SDM Indonesia yang unggul," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com