7 Pilihan Olahraga untuk Menghilangkan Stres

Kompas.com - 04/02/2020, 10:52 WIB
Ilustrasi olahraga pernafasan sjenner13Ilustrasi olahraga pernafasan
Editor Wisnubrata

Rutinitas sehari-hari yang kita lakukan tentu tak lepas dari stres. Jika tak dapat menghilangkan stres, akibatnya kita menjadi tidak produktif saat bekerja hingga sulit tidur nyenyak.

Namun, jangan sampai stres mengganggu kesehatan tubuh. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan olahraga.

Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu sukai. Kemudian, lakukan variasi pada rutinitas olahraga itu agar tidak bosan menjalaninya.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga untuk menghilangkan stres yang bisa menjadi pilihan:

1. Jalan kaki

ilustrasi jalan kakishutterstock ilustrasi jalan kaki
Pilihan olahraga untuk menghilangkan stres yang paling mudah adalah jalan kaki. Tak perlu jauh-jauh, kamu dapat berjalan kaki di sekitar rumah saat pagi atau sore hari.

Orang yang sering jalan kaki, baik jalan santai atau jalan cepat, akan mendapatkan manfaat, seperti melepaskan ketegangan otot, melatih pernapasan, dan menenangkan sistem saraf. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih santai karena tingkat stres berkurang.

Tak hanya itu, sering jalan kaki dapat mengurangi risiko munculnya penyakit yang berkaitan dengan stres, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Jika baru memulai olahraga jalan kaki, lakukanlah 10 menit setiap minggu. Setelah 2-3 minggu, kamu dapat meningkatkan frekuensi dan durasi berjalan kaki secara bertahap.

Selanjutnya, rutin lakukan jalan kaki setidaknya 30 menit tanpa berhenti, minimal tiga kali dalam seminggu untuk mengelola stres.

Baca juga: 9 Manfaat Jalan Kaki, Perkuat Jantung hingga Perbaiki Suasana Hati

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X