Kompas.com - 04/02/2020, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Orangtua mulai memperkenalkan makanan pengganti ASI (MPASI) ketika anak memasuki usia 6 bulan.

Tak sedikit ibu yang merasa kesulitan ketika memasak MPASI untuk anaknya. Padahal, MPASI yang sehat dan nikmat tetap bisa disiapkan secara praktis, lho.

Aktris dan ibu dua anak Zee Zee Shahab berbagi kiat memersiapkan MPASI tanpa ribet. Salah satu caranya ada mempersiapkan makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: MPASI Rumahan Tidak Sama dengan MPASI Murahan

Agar anak tetap sehat, tentunya anggota keluarga lainnya juga perlu menerapkan pola makan sehat.

"Buat MPASI harus yang kita juga makan, supaya enggak ribet."

Demikian diungkapkan Zee Zee ketika menghadiri peluncuran Sugarbaby Healthy Silicone Feeding Set di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Perempuan kelahiran 31 Maret 1988 itu mencontohkan sayur bayam dan sup yang cenderung aman untuk dikonsumsi sebagai MPASI, tapi di sisi lain juga disukai anggota keluarga lainnya.

Namun, jika anggota keluarga lainnya ingin mengonsumsi makanan yang cukup sulit dikonsumsi sebagai MPASI, seperti steak, anak bisa diberi kentang goreng dan sedikit bumbu steak.

"Jadi memang dibikin simple aja," tuturnya.

Baca juga: MPASI Pure Sayuran Tak Cukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Ketika bepergian, Zee Zee berusaha mengurangi makanan atau bumbu instan karena berpotensi membuat anak ketergantungan dengan rasanya.

"Jadi kalau pergi di luar mending beli makan, misalnya sedang makan di restoran Sunda, kita bisa pilih supnya, makan nasi pakai ayam," ucapnya.

Tak lupa, artis yang pernah tergabung dalam Lenong Bocah itu memastikan gizi dan kebutuhan anak terpenuhi sehingga pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan optimal.

"Setiap bulan harus ada perkembangan, entah berat badan atau tinggi badan bertambah, motorik berkembang, dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Yang Harus Diketahui tentang Pemberian MPASI

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.