Kompas.com - 04/02/2020, 21:30 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan shutterstockIlustrasi hewan peliharaan

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan baru mungkin adalah hal terakhir di pikiran kita saat memiliki bayi. Namun, ternyata hewan-hewan lucu itu bisa menjadi pertahanan terbaik bagi anak terhadap alergi.

Sejumlah penelitian menunjukkan, anak-anak yang terpapar hewan sebelum usia satu tahun cenderung tidak mengalami alergi ketika beranjak dewasa.

Lebih lanjut, wanita hamil yang memiliki anjing akan lebih aktif beraktivitas fisik karena mereka membawa anjingnya berjalan-jalan. Anjing atau hewan peliharaan apa pun juga terbukti benar-benar bisa membuat kita lebih bahagia dan lebih sehat.

Namun, bagaimana jika anak punya alergi?

Jika anak alergi terhadap hewan peliharaan 
Sebagian besar orang percaya alergi hewan peliharaan disebabkan rambut dari hewan, namun hal itu tidak sepenuhnya benar.

Protein yang ikut terbawa dalam ketombe dan sedikit pada liur serta urin anjing atau kucing dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Protein inilah yang kemudian terpapar ke perabotan rumah tangga atau pakaian dan bertahan lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkadang, hewan peliharaan kita bahkan dapat membawa alergen lain, seperti serbuk sari, ke dalam rumah.

Baca juga: Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Anak

"Pencegahan paling baik adalah dengan mengeluarkan hewan peliharaan dari rumah. Namun, kebanyakan orang enggan melakukannya," kata ahli alergi, Sandra Hong, MD.

"Tindakan lain yang dapat kita ambil misalnya membatasi hewan peliharaan dari kamar tidur anak, menggunakan pembersih udara dengan filtrasi HEPA dan rutin memandikan anjing atau kucing."

Perawatan alergi bisa berupa obat-obatan untuk mengendalikan gangguan pada hidung, mata, dan dada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X