Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2020, 05:51 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang tahu, olahraga membantu meningkatkan kesehatan mental kita. Tak terkecuali bersepeda, yang membuat seseorang merasa lebih baik setelah mengendarainya.

Dan sebuah studi menegaskan, mengendarai sepeda, baik di dalam atau luar ruangan, menempati urutan kedua setelah olahraga berkelompok sebagai kegiatan paling bermanfaat bagi kesehatan mental.

Studi yang diterbitkan dalam Lancet ini menganalisis latihan dan kesehatan mental dari 1.237.194 orang dewasa dengan memakai data survei selama tiga tahun.

Data itu meliputi jenis latihan, berapa banyak mereka berolahraga, dan berapa hari mereka mengalami kesehatan mental yang buruk dalam bentuk stres, depresi, serta masalah emosional lainnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa semua latihan olahraga meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Orang yang berolahraga rata-rata mengalami hari yang buruk (dalam hal kesehatan mental) hanya dua hari, lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik, yaitu 3-4 hari.

Dan, olahraga adalah cara paling protektif bagi mereka yang pernah mengalami depresi sebelumnya --mereka merasakan kesehatan mental yang buruk empat hari lebih sedikit.

Namun, tidak semua olahraga memberi dampak yang sama. Dari 75 jenis latihan yang dipelajari, olahraga tim atau kelompok memberi perlindungan terbanyak.

Orang-orang yang bermain sepak bola dan olahraga tim lainnya melaporkan 23,3 persen lebih sedikit mereka mengalami kesehatan mental yang buruk dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Mengendarai sepeda, di dalam atau luar ruangan, ada di posisi kedua, dan pengendara menikmati 21,6 persen lebih sedikit hari kesehatan mental yang buruk.

Aktivitas ketiga adalah latihan aerobik (tidak termasuk lari atau bersepeda).

Para peneliti menyimpulkan, olahraga tim kemungkinan memberi perlindungan ekstra karena terdapat unsur sosial serta aktivitas fisik.

Jadi, temukan tiga atau empat orang teman dan jadwalkan kegiatan bersepeda secara reguler untuk meningkatkan kebahagiaan kita serta menjaga kesehatan mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com