Kompas.com - 05/02/2020, 05:51 WIB
ilustrasi bersepeda Stewart Cohenilustrasi bersepeda
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang tahu, olahraga membantu meningkatkan kesehatan mental kita. Tak terkecuali bersepeda, yang membuat seseorang merasa lebih baik setelah mengendarainya.

Dan sebuah studi menegaskan, mengendarai sepeda, baik di dalam atau luar ruangan, menempati urutan kedua setelah olahraga berkelompok sebagai kegiatan paling bermanfaat bagi kesehatan mental.

Studi yang diterbitkan dalam Lancet ini menganalisis latihan dan kesehatan mental dari 1.237.194 orang dewasa dengan memakai data survei selama tiga tahun.

Data itu meliputi jenis latihan, berapa banyak mereka berolahraga, dan berapa hari mereka mengalami kesehatan mental yang buruk dalam bentuk stres, depresi, serta masalah emosional lainnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa semua latihan olahraga meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Orang yang berolahraga rata-rata mengalami hari yang buruk (dalam hal kesehatan mental) hanya dua hari, lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik, yaitu 3-4 hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dan, olahraga adalah cara paling protektif bagi mereka yang pernah mengalami depresi sebelumnya --mereka merasakan kesehatan mental yang buruk empat hari lebih sedikit.

Namun, tidak semua olahraga memberi dampak yang sama. Dari 75 jenis latihan yang dipelajari, olahraga tim atau kelompok memberi perlindungan terbanyak.

Orang-orang yang bermain sepak bola dan olahraga tim lainnya melaporkan 23,3 persen lebih sedikit mereka mengalami kesehatan mental yang buruk dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Mengendarai sepeda, di dalam atau luar ruangan, ada di posisi kedua, dan pengendara menikmati 21,6 persen lebih sedikit hari kesehatan mental yang buruk.

Aktivitas ketiga adalah latihan aerobik (tidak termasuk lari atau bersepeda).

Para peneliti menyimpulkan, olahraga tim kemungkinan memberi perlindungan ekstra karena terdapat unsur sosial serta aktivitas fisik.

Jadi, temukan tiga atau empat orang teman dan jadwalkan kegiatan bersepeda secara reguler untuk meningkatkan kebahagiaan kita serta menjaga kesehatan mental.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.