Bisnis Nike di China Terhantam Wabah Virus Corona

Kompas.com - 05/02/2020, 12:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Merebaknya masalah virus corona mendatangkan banyak dampak drastis dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk persoalan bisnis antar negara.

Seperti yang diberitakan, laporan terbaru mengenai virus corona Wuhan mengungkap, sebanyak 492 orang tewas dan lebih dari 24.552 orang terinfeksi secara global.

Virus ini juga terus menyebar ke luar China. Bahkan, pada kasus-kasus yang ada di Thailand, Taiwan, Jerman, Vietnam, Jepang, Perancis, dan Amerika Serikat, terdapat pasien-pasien yang terinfeksi, meskipun belum pernah ke China.

Baca juga: Jaga Kebersihan Tangan, Langkah Sederhana Terhindar dari Virus Corona

Wabah ini tentu membuat banyak negara menjadi lebih hati-hati dalam mengambil langkah yang terkait dengan China, sebagai wilayah asal virus tersebut.

Dampak tersebut pun dirasakan produsen raksasa sepatu dan perlengkapan olahraga asal Oregon, Amerika Serikat, Nike.

Selain sebagai daerah yang menjadi pusat produksi Nike, China pun merupakan wilayah pemasaran strategis bagi merek tersebut.

Kini, virus korona sudah mulai berdampak pada bergulirnya roda bisnis Nike di China, seperti yang diakui dalam pernyataan resmi Nike.

"Dalam konteks dinamika yang berkembang terkait dengan virus corona di China, Nike, Inc. memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rekan kerja dan mitra kami."

"Kami juga membuka diri untuk bekerja sama dengan pihak berwenang setempat."

Baca juga: Pakai Masker hingga Masak Makanan sampai Matang untuk Cegah Infeksi Corona

“Sama halnya dengan kondisi secara umum, kini sekitar setengah dari gerai milik Nike ditutup sementara, sambil terus memantau perkembangan yang terjadi dengan gerai rekanan kami," demikian bunyi pernyataan resmi Nike.

Selain itu disebutkan, Nike pun kini beroperasi dengan jam kerja yang lebih pendek, serta mengalami dampak penurunan lalu lintas ritel dari toko-toko tersebut.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X