Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2020, 20:45 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Banyak penelitian yang menyatakan kopi dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari menyebabkan susah tidur hingga serangan jantung.

Padahal, segudang manfaat kopi hitam tanpa gula berikut ini adalah alasan kuat bagi kita untuk menjadikan minum kopi sebagai bagian dari pola hidup sehat.

Kopi pada dasarnya merupakan produk alam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hanya saja dengan menambahkan gula ke dalamnya, minuman ini justru dapat menyebabkan pergeseran kandungan nutrisi. Apalagi jika kadar pemanis buatan itu melebihi ambang batas yang direkomendasikan.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), jumlah asupan gula tambahan yang aman adalah 9 sendok teh (36 gram atau setara 150 kalori) per hari bagi pria dan 6 sendok teh (25 gram atau setara 100 kalori) per hari bagi wanita.

Konsumsi gula berlebih akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit, seperti diabetes tipe 2.

Manfaat kopi hitam tanpa gula

Di Indonesia, kopi hitam dikenal sebagai minuman yang dapat menaikkan level energi sehingga akan menghilangkan kantuk sekaligus membuat bersemangat dalam melakukan aktivitas. Namun, penelitian mengungkap bahwa kopi hitam memiliki manfaat yang lebih dari itu.

Minuman ini juga kaya akan antioksidan yang memainkan peranan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kopi hitam pun mengandung nutrisi esensial, seperti kromium, potasium, niacin, vitamin E, dan magnesium.

Tentu saja, kopi hitam mengandung kafein yang ternyata juga memiliki khasiat bagi tubuh. Berdasarkan kandungan tersebut, berikut manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan:

Membantu membakar lemak

Banyak orang percaya salah satu manfaat kopi hitam tanpa gula adalah membakar lemak sehingga mempercepat penurunan berat badan pada orang yang sedang diet.

Klaim ini pun didukung oleh penelitian yang menyatakan metabolisme tubuh seseorang memang meningkat 3-11 persen setelah minum kopi hitam.

Hanya saja, efek tersebut akan berkurang dalam jangka panjang. Dengan kata lain, metabolisme pada tubuh akan beradaptasi seiring dengan semakin seringnya kita mengonsumsi minuman yang satu ini.

Menurunkan risiko diabetes

Ketika kita minum kopi tanpa gula, efeknya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Tak tanggung-tanggung, kemungkinan penurunan risiko ini bisa mencapai 23-50 persen, bahkan dalam salah satu studi sampai 67 persen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com