Kompas.com - 05/02/2020, 21:39 WIB
Ilustrasi plank shutterstockIlustrasi plank
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Plank dapat disebut sebagai salah satu latihan gerakan dalam olahraga yang praktis dan sangat berdampak bagi tubuh kita.

Selain mudah dilakukan, plank memiliki berbagai manfaat yang baik untuk pembentukan otot tubuh.

Manfaat plank tidak kalah dengan crunch ataupun sit up, karena plank juga dapat menguatkan core muscle atau otot yang terdapat di perut dan punggung tanpa menggunakan alat khusus.

Apa saja manfaat plank?

Gerakan plank hanya memerlukan tubuh saja dan bahkan kita bisa melakukannya tanpa alas yoga dalam waktu yang singkat. Kira-kira apa saja manfaat plank? Berikut adalah beberapa kelebihan plank.

Menguatkan core muscle

Plank sangat bermanfaat menguatkan core muscle dan membentuk otot perut. Berbeda dengan sit up dan crunch, plank cenderung lebih aman untuk penderita nyeri punggung dan gangguan pada lempengan tulang belakang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan banyak otot

Meskipun plank fokus pada core muscle, tetapi gerakan ini sebenarnya juga menggunakan keseluruhan otot untuk menopang tubuh, seperti otot paha, lengan, dan perut.

Oleh karenanya plank tidak akan menimbulkan cedera pada punggung karena berat tubuh kita ditopang oleh keseluruhan otot tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.