Bagaimana Menyimpan Barang agar Rumah Lebih Tertata?

Kompas.com - 06/02/2020, 08:56 WIB
Penataan ruang agar barang-barang tersimpan rapi IKEAPenataan ruang agar barang-barang tersimpan rapi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sekarang ini, sebagian besar tempat tinggal khususnya di kota besar memiliki ukuran yang terbatas. Hal ini seringkali menimbulkan masalah karena tidak cukupnya ruang untuk menampung banyaknya barang.

Selain itu, minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pengaturan perabot rumah tangga mengakibatkan orang cenderung menumpuk barang selama bertahun–tahun tanpa menyadari keberadaan barang tersebut.

Coba kamu ingat-ingat, di manakah kamu menyimpan koleksi musik, buku, suvenir, dan barang lainnya? Biasanya kebanyakan dari kita menaruhnya di ruang tamu karena tidak mengaturnya secara khusus.

Pada dasarnya, setiap orang mendambakan rumah yang nyaman, tertata rapi serta terasa leluasa, namun tidak mengetahui bagaimana cara mengaturnya.

Tidak banyak juga orang yang memiliki ruang luas untuk menyimpan semua barang mereka dan menjadikannya sebagai gaya mereka sendiri.

Tempat penyimpanan multifungsiIKEA Tempat penyimpanan multifungsi
Padahal ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk merapikan barang-barang kita dengan perabot yang fungsional, sekaligus menghemat tempat.

Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia mengatakan, “Untuk mendapatkan ruang tertata rapi dan terasa lebih leluasa, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan solusi praktis dan fungsional, seperti memanfaatkan perabot rumah tangga multifungsi.”

Menurut Ririn, ada beberapa tips mudah yang sudah dirancang seksama oleh IKEA untuk menata ruang agar lebih tertata dan terasa leluasa.

Pertama, pilih dan pilah barang-barang yang dimiliki dan kategorikan sesuai tingkat kepentingan, seberapa sering dipakai, dan berdasarkan ukuran.

Lemari penyimpanan yang mudah terlihat sekaligus berfungsi sebagai elemen dekoratifIKEA Lemari penyimpanan yang mudah terlihat sekaligus berfungsi sebagai elemen dekoratif
Setelah itu, kelompokkan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi. Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, dibagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai. Pisahkan barang-barang dalam ukuran besar dari pernak pernik yang kecil.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X