Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2020, 14:33 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang merupakan momen yang tepat untuk mengekspresikan rasa cinta kepada orang-orang terdekat.

Salah satu cara yang biasa dipilih adalah dengan memberikan hadiah. Jika kamu salah satunya, berlian mungkin bisa menjadi pilihan hadiah untuk orang tercinta.

Selain untuk menyempurnakan penampilan, berlian juga bisa disimpan dan menjadi hadiah dan warisan untuk anak-cucu kelak.

Namun, memilih perhiasan untuk hadiah ternyata tak semudah yang kita duga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari selera orang yang akan kita hadiahi hingga memahami kualitas berlian.

Beberapa tips berikut bisa membantumu memilih hadiah perhiasan yang tepat:

1. Selera

Ketahuilah selera dari orang yang akan kamu hadiahi perhiasan. Jika ia lebih menyukai perhiasan atau aksesori berukuran kecil, jangan berikan perhiasan seperti kalung dengan liontin besar atau gelang besar.

Jika orang tersebut merupakan pribadi yang aktif, jangan berikan perhiasan yang memiliki desain terlalu rumit.

Lihat apakah dia menyukai desain tradisional atau justru yang kekinian. Apakah ia menyukai bentuk yang simpel atau malah yang ramai.

2. Riset

Sebelum membeli, lakukan riset dengan mengakses situs-situs perusahaan berlian untuk memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan kualitas perhiasan. Mulai dari arti "clarity" atau kemurnian, hingga grade dari berlian yang akan dipilih.

Baca juga: Memilih Berlian, Apa yang Harus Diperhatikan?

3. Beli di tempat terpercaya

Jangan mudah teriming-imingi diskon atau potongan harga. Pastikan harga berlian yang kamu dapatkan memang sesuai dan dibeli dari toko yang terpercaya.

Kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada teman atau mencari informasi melalui internet. Cari tahu pula mengenai kebijakan pengembalian dan apakah kamu bisa membelinya dengan sistem pembayaran kredit.

Pilihan hadiah valentine berlian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com