Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegation EX, Mengenang Olimpiade 1964 dan Menyambut Olimpiade 2020

Kompas.com - 06/02/2020, 20:02 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kita tentu tahu bahwa banyak sneakers yang memiliki sejarah istimewa terutama terkait dengan dunia olahraga. Banyak sneakers yang dulunya dipakai para atlet di lapangan olahraga, kini kita pakai sehari-hari sebagai bagian dari penampilan dan gaya hidup.

Sneakers-sneakers tersebut sudah tidak lagi dipakai untuk berolahraga karena saat ini teknologi sepatu olahraga sudah sedemikian maju sehingga lebih nyaman dipakai dan bisa mendukung performa.

Namun begitu, sneakers olahraga seri lama masih terus diproduksi karena desainnya yang tak lekang oleh jaman, bahkan mendapat tempat khusus dalam tren masa kini. Salah satu yang masuk kategori ini adalah sepatu Delegation dari Onitsuka Tiger.

Sepatu ini mendapat nama Delegation karena dipakai oleh delegasi Jepang dalam Olimpiade Tokyo 1964. Saat itu sepatu Onitsuka Tiger belum memakai garis seperti yang kita kenal sekarang. Sisi sepatu delegation waktu itu dihiasi satu garis merah dan garis menyerupai huruf U berwarna biru.

Sepatu Onitsuka Tiger Delegation yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade Tokyo 1964, disimpan di ASICS Museum, Kobe, JepangKOMPAS.com/Wisnubrata Sepatu Onitsuka Tiger Delegation yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade Tokyo 1964, disimpan di ASICS Museum, Kobe, Jepang
Nah kini, untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020, sepatu delegation "dihidupkan" lagi dengan gaya kekinian. Namanya disebut Delegation EX.

Delegation EX didesain ulang dari sepatu yang sudah ada, sehingga termasuk kategori Re-Style. Namun berbeda dari aslinya, sepatu ini memiliki sol yang lebih tebal dan sudah mengenakan garis Onitsuka Tiger, walau masih mengadopsi warna lama yakni putih, biru, dan merah.

Pada lidah sepatu ada tulisan TOKYO ONITSUKA, logo yang dulu juga dipakai pada model aslinya, serta desain motif track di sol bagian dalam, seperti yang ada pada tahun 1964.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. DELEGATION EX 2020.02.08 IN STORES 1964????????????????????????????????????DELEGATION EX?? #OnitsukaTiger #DELEGATIONEX #????????

A post shared by Onitsuka Tiger Japan (@onitsukatigerjp) on Feb 5, 2020 at 12:54am PST

Sepatu ini memang terlihat sebagai perpaduan desain ikonik dengan tren masa kini. Bagian atasnya mengambil bentuk sepatu aslinya, namun bagian bawah disesuaikan dengan tren masa kini dimana orang-orang sedang menyukai sol tebal. Bagian midsole-nya diisi busa FlyteFoam yang menjadikan sepatu ini lebih empuk saat dipakai.

Delegation EX akan tersedia pada bulan Februari ini bagi mereka yang ingin mengenang Olimpiade 1964 sekaligus menyambut Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Melihat Sneaker Andalan Onitsuka Tiger, Delegation EX

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com