Jago Teknologi, Apa Pekerjaan yang Kelak Dipilih Generasi Alfa?

Kompas.com - 07/02/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Anak-anak yang lahir setelah tahun 2011 disebut sebagai generasi Alfa. Mereka adalah anak-anak dari generasi milenial. Karena lahir di era perkembangan tekologi dan internet yang begitu pesat, kelak generasi Alfa akan menjadikan media sosial dan teknologi sebagai jalan hidupnya.??

Diperkirakan akan menjadi generasi yang paling berpendidikan, paling beragam, dan tech savvy, generasi Alfa juga diprediksi paling banyak mengalami masalah kesehatan mental karena tekanan dari lingkungannya.

Pengaruh teknologi yang besar tentu memengaruhi pilihan pekerjaan dan masa depan mereka.

- Tak mau bekerja di perusahaan yang tak sesuai dengan “value”
Salah satu tren dalam dunia kerja di masa depan adalah aktivisme karyawan. Para karyawan akan lebih vokal tentang nilai-nilai yang mereka pegang dan peduli pada isu sosial.

Karyawan di masa depan juga mampu memberi tekanan pada perusahaan untuk menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik, tidak sekadar mencari untung.

Generasi Alfa dibesarkan ketika ada banyak masalah sosial dan lingkungan yang harus diselesaikan. Mereka akan lebih banyak terlibat dalam gerakan aktivisme di masa depan.

Baca juga: Kenali Karakter Generasi Alfa yang Akrab dengan Teknologi

- Tak peduli tentang privasi di tempat kerja
Jika generasi milenial dan generasi Z merasa keberatan karena perusahaan melacak pergerakan karyawan, tidak demikian halnya dengan generasi Alfa. Mereka bahkan akan memberikannya. Hal ini karena generasi ini tumbuh di dunia yang sangat terbuka, setiap orang membagikan apa pun tentang hidupnya secara online.

Keterbukaan untuk berbagi ini akan membawa sisi positif dan negative bagi karier. Di satu sisi, semua data itu memungkinkan perusahaan membuat cara kerja yang lebih “custom”, tetapi sisi buruknya membuat karyawan tak punya banyak waktu jeda.

- Masa kerja lebih lama

Usia harapan hidup manusia terus bertambah. Untuk mereka yang lahir tahun 1980, rata-rata usia harapan hidupnya 62 tahun, sementara yang lahir di tahun 2017 rata-rata akan hidup sampai usia 72 tahun.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Huffpost
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X