Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Keluarga Kerajaan Inggris Mendapatkan Uang

Kompas.com - 07/02/2020, 13:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Ratu Inggris Elizabeth II yang naik takhta 68 tahun ternyata tidak sekaya yang Anda kira.

The Sunday Times memperkirakan, pada 2016 Elizabeth II memiliki kekayaan bersih 442,92 juta dollar Amerika yang berasal dari hibah pembayar pajak dan dua sumber pendapatan tambahan.

Jumlah ini jauh lebih banyak daripada anggota keluarga kerajaan lainnya termasuk Duke dan Duchess of Sussex yang memiliki kekayaan bersama sebesar 30 juta dollar AS dalam laporan Business Insider.

Meski demikian, pasangan muda ini mengumumkan keputusan mereka untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari keluarga kerajaan dan bekerja demi kemandirian finansial.

Beginilah cara keluarga kerajaan Inggris membuat kekayaan mereka.

Pembayar pajak
Setiap tahun Ratu mendapat sebagian uang tunai dari pembayar pajak yang disebut Sovereign Grant.

Menurut BBC, hibah ini diberikan karena Ratu telah menyerahkan hasil keuntungan dari Crown Estate - properti keluarga yang sangat besar - kepada pemerintah.

Setiap tahun Ratu diberikan sejumlah uang setara dengan 25 persen dari keuntungan Crown Estate.

Baca juga: Berapa Gaji Ratu Elizabeth Selama Memimpin Kerajaan Inggris?

Dalam laporan The Wall Street Journal, hibah dari pembayar pajak ini mencapai 107.1 juta dollar Amerika pada 2019.

Sovereign Grant dipakai untuk membiayai perjalanan keluarga, pemeliharaan dan utilitas istana, dan gaji pegawai kerajaan dalam laporan keuangan resmi keluarga kerajaan. Namun,

The Telegraph mencatat, hibah tersebut tidak mencakup biaya keamanan dan upacara kerajaan sehingga uang untuk biaya tersebut berasal dari beberapa tempat lain.

Penghasilan pribadi Ratu
Ratu memiliki penghasilan pribadi yang disebut Privy Purse. Penghasilan tersebut berasal dari Kadipaten Lancaster, yaitu portofolio tanah dan aset lainnya yang telah ada di keluarga kerajaan selama ratusan tahun.

Aset bersihnya senilai 715 juta dollar AS, termasuk 18.433 hektar lahan dan terdiri dari properti perumahan, komersial, dan pertanian. Menurut The Journal, ini menghasilkan 27 juta dollar AS pada tahun 2019.

Ratu ElizabethShutterstock Ratu Elizabeth

Menurut situs web keluarga kerajaan, keuntungan tersebut untuk membantu biaya yang tidak ditanggung oleh Sovereign Grant, yang digunakan untuk membayar pengeluaran yang dikeluarkan oleh anggota keluarga kerajaan lainnya.

Aset berharga lainnya
Ratu juga memiliki aset berharga, yaitu Balmoral dan Sandringham Estates, koleksi seni yang bernilai tinggi dan aset berharga lainnya yang telah diturunkan dari raja sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com