Kompas.com - 07/02/2020, 20:15 WIB

KOMPAS.com— Pengusaha yang juga selebgram Rachel Vennya berbagi tips bagaimana cara dirinya menghadapi anak pertamanya, Xabiru saat sedang rewel dan tantrum.

“Biasanya awalnya aku ajakin dia ngomong baik-baik. Aku ajak dia ngobrol, aku minta dia buat sabar,” ujar Rachel saat ditemui di acara Konferensi Pers Tokopedia Fair x Bridestory Fair x Parentstory Fair di ICE BSD, Tangerang, Kamis (6/2/2019).

Rachel menjelaskan dengan perlahan pada putra pertamanya yang masih usia balita itu. Ia berusaha memberikan pengertian sesuai usianya bahwa untuk mewujudkan keinginan, membutuhkan sebuah proses.

“Harus jalan dulu, baru kasih ke dia. Enggak bisa tiba-tiba datang sendiri ke dia,” kata Rachel.

Memberitahu anak memang tak mudah. Rachel bahkan harus berkali-kali mencoba untuk berbicara baik-baik.

“Ya memang kita sebagai orangtua harus menjaga mental, bagaimana caranya supaya saat dia muter-muter itu kita enggak panik dan tidak terbawa aura marahnya dia dengan kita lawan dengan ademnya kita,” ungkapnya.

“Jadi api marahnya itu kita ademin dengan aura kita,” imbuhnya.

Selain menghadapi anak saat rewel, Rachel juga mengaku ingin membentuk pribadi yang bertanggungjawab pada Xabiru. Rachel ingin putra pertamanya itu bisa mengatasi masalahnya sendiri.

“Cuman sejauh ini kalau dia buat suatu masalah, aku pengin dia menyelesaikannya. Misalnya kalau tumpahin air, ya dia yang harus lap dan ambil sendiri,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.