Kompas.com - 10/02/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi belanja online SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja online

KOMPAS.com - Sebagai generasi yang tumbuh besar bersama teknologi digital, kebiasaan berbelanja generasi Z juga sangat dipengaruhi oleh internet dan apa yang mereka akses di gadgetnya.

Memilih belanja online dan dipengaruhi oleh apa yang dipakai influencer, masih menjadi ciri dari konsumen yang yang lahir antara tahun 1995 sampai 2010 ini.

Yang menarik, generasi ini ternyata lebih menyukai barang-barang yang harganya murah tetapi tetap terlihat bagus saat dipakai dan di media sosial.

Tuntutan untuk selalu terlihat menarik di media sosial juga membuat remaja dari generasi ini selalu merasa butuh baju baru.

"Kalau ada acara, seperti ulang tahun teman, pesta, atau nonton konser, aku butuh baju baru dan akan melihat-lihat tren di aplikasi toko baju langganan," kata Mia Grantham (16), pelajar SMA di Inggris dalam wawancara dengan The New York Times.

Jika tidak ada acara khusus, Mia mengaku setiap hari tetap melihat-lihat model baju yang sedang tren melalui ponselnya.

"Biasanya sebelum tidur aku akan lihat-lihat, sekitar 10-15 menit," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, rata-rata baju yang ia punya hanya dipakai paling banyak tiga kali, apalagi kalau ia sudah pernah difoto dengan baju itu.

Gadis remaja lainnya, Andrea Vargas (18) mengatakan dalam setahun ia bisa membeli 100-200 item fashion, termasuk sepatu dan aksesoris.

Namun, untuk baju-bajunya ia hanya memakainya maksimal 15 kali sebelum kemudian akan ia donasikan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.