Kompas.com - 12/02/2020, 12:50 WIB

KOMPAS.com - Mayoritas orang menganggap toilet umum tidak bersih, itulah sebabnya banyak orang menggunakan kertas penutup atau pelapis toilet saat menggunakan toilet di ruang publik.

Namun, para ahli percaya penutup toilet yang tampak melindungi itu sebenarnya sama sekali tidak efektif.

Hal ini karena penutup toilet menyerap dan bakteri serta virus berukuran mikroskopis serta dapat dengan mudah menembus kertas penutup.

Meski begitu jangan terlalu khawatir saat memakai toilet umum. Walau kemungkinan kulit kita bersentuhan langsung dengan kuman, peneliti kesehatan masyarakat, Kelly Reynolds mengatakan risiko tertular infeksi dari toilet sangat kecil terjadi. Infeksi dapat terjadi jika kita memiliki luka terbuka.

"Namun, kuman memiliki peluang lebih besar untuk menyebar setelah kita menyiram (flush) toilet karena kuman-kuman itu tak terlihat berada di udara --fenomena yang dikenal sebagai 'toilet plume'," kata Reynolds kepada USA Today.

Hal ini juga bisa dipicu oleh posisi jongkok di toilet yang menyebabkan kotoran memercik ke segala tempat.

Reynolds mengatakan, "serpihan kotoran menempel di permukaan dan mencemari tangan kemudian menyebar ke mata, hidung atau mulut."

Jadi, cara terbaik untuk menghindari infeksi dari toilet umum adalah menutup toilet saat akan menyiram. Setelah itu segera cuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Meski Pakai Toilet Pribadi, Jangan Malas Cuci Tangan...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Health
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.