Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kertas Penutup Toilet Tidak Melindungi Kita dari Bakteri

Kompas.com - 12/02/2020, 12:50 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Mayoritas orang menganggap toilet umum tidak bersih, itulah sebabnya banyak orang menggunakan kertas penutup atau pelapis toilet saat menggunakan toilet di ruang publik.

Namun, para ahli percaya penutup toilet yang tampak melindungi itu sebenarnya sama sekali tidak efektif.

Hal ini karena penutup toilet menyerap dan bakteri serta virus berukuran mikroskopis serta dapat dengan mudah menembus kertas penutup.

Meski begitu jangan terlalu khawatir saat memakai toilet umum. Walau kemungkinan kulit kita bersentuhan langsung dengan kuman, peneliti kesehatan masyarakat, Kelly Reynolds mengatakan risiko tertular infeksi dari toilet sangat kecil terjadi. Infeksi dapat terjadi jika kita memiliki luka terbuka.

"Namun, kuman memiliki peluang lebih besar untuk menyebar setelah kita menyiram (flush) toilet karena kuman-kuman itu tak terlihat berada di udara --fenomena yang dikenal sebagai 'toilet plume'," kata Reynolds kepada USA Today.

Hal ini juga bisa dipicu oleh posisi jongkok di toilet yang menyebabkan kotoran memercik ke segala tempat.

Reynolds mengatakan, "serpihan kotoran menempel di permukaan dan mencemari tangan kemudian menyebar ke mata, hidung atau mulut."

Jadi, cara terbaik untuk menghindari infeksi dari toilet umum adalah menutup toilet saat akan menyiram. Setelah itu segera cuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Meski Pakai Toilet Pribadi, Jangan Malas Cuci Tangan...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Health
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com