Kompas.com - 12/02/2020, 17:51 WIB

KOMPAS.com— Rusaknya kulit akibat penggunaan losion abal-abal yang mengandung steroid terlihat begitu mengerikan.

Unggahan dr. Listya Paramita, Sp. KK di akun @drmita.spkk memperlihatkan bagaimana munculnya lapisan kulit yang sobek karena efek samping steroid.

Dampak selanjutnya adalah munculnya garis-garis hitam seperti stretch mark.

Belum lagi, stretch mark tersebut ada di kaki, mulai dari pangkal paha hingga betis bagian bawah, juga pada bagian tangan sampai ketiak.

Baca juga: Penjelasan Dokter Soal Viral Losion Pemutih Mengandung Steroid

“Itu bagian-bagian yang diolesi lotion,” ujar dokter yang karib disapa Mita itu kepada Kompas.com saat dihubungi, Rabu (12/2/2019).

Mita menambahkan, efek krim kulit yang mengandung steroid ini memang tak langsung muncul pada penggunaan pertama. Hal itu pula yang terjadi pada pasien dari dokter Mita.

"Dia pakai sekitar 3-4 bulan. Sebenarnya memang sudah lama munculnya, awalnya sedikit,” kata Mita.

Sayangnya, pasien tersebut tak menyadari bahwa garis-garis yang ada adalah efek dari kulit yang koyak karena steroid.

Kondisi kulit pasien yang menggunakan krim pemutih mengandung steroid.Instagram @drmita.spkk Kondisi kulit pasien yang menggunakan krim pemutih mengandung steroid.

Ia mengira hal itu wajar terjadi karena reaksi dari krim untuk memutihkan kulit.

“Lama-lama semakin banyak dan ternyata tidak ada perbaikan, baru ke saya,” kata Mita lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.