Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Maag Sejak Kecil, Shareefa Daanish Bolak-balik Masuk IGD

Kompas.com - 12/02/2020, 19:22 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang yang menjalani aktivitas harian cukup padat dan sering melewatkan waktu makan, masalah lambung mungkin menjadi salah satu penyakit yang sering dialami.

Aktris Shareefa Daanish termasuk penderita maag kronis, namun bukan hanya disebabkan karena kesibukan kerja, karena ia sudah mengalami sakit maag sejak berusia 9 tahun.

"Saya menderita maag sudah sejak 9 tahun, itu sudah penyakit menahun yang biasa untuk saya", katanya dalam diskusi kesehatan lambung di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Saat masih kecil, pemicu sakit maag yang dialaminya adalah karena tidak suka makan. Namun seiring bertambahnya usia dan kesibukan, penyebab maag yang dialami Daanish adalah karena makan yang tidak teratur, stres, gemar makan pedas, hingga minum kopi.

Sakit maag bahkan sampai membuat pemain film "Dara" ini beberapa kali masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Baca juga: Sakit Maag Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

"Yang saya ingat, pernah buka puasa pakai minuman bersoda langsung masuk IGD. Lainnya juga pernah belum sarapan makan agak telat langsung makan mie instan pedas."

"Itu yang paling parah sih karena setelah itu enggak langsung menyerang maagnya tapi vertigo. Benar-benar goyang kayak gempa, lalu muntah. Dari situ masuk IGD lagi," sambungnya.

Menyiasati kondisi tersebut, istri dari Farri Icksan Wibisana itu kini berusaha konsisten menyeimbangkan gaya hidupnya dengan olahraga dan lebih cermat memilih makanan yang dikonsumsinya serta tak membiarkan perut kosong.

"Selalu bawa camilan, berusaha makan tepat waktu dan kalau mau makan pedas, minum kopi atau soda setidaknya perut sudah diisi dulu," tuturnya.

Kini Daanish juga rutin mengonsumsi air perasan kunyit dan selalu membawa obat maag dan vertigo di tas ketika bepergian.

"Sekarang kalau makannya lagi benar bisa berkurang banget. Tapi kalau udah mulai ada yang miss, seperti telat makan, kurang tidur dan stress langsung berasa banget," ucap Daanish.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com