Sakit Maag Sejak Kecil, Shareefa Daanish Bolak-balik Masuk IGD

Kompas.com - 12/02/2020, 19:22 WIB
Aktris Shareefa Daanish saat menghadiri diskusi kesehatan lambung di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020). KOMPAS.com/Nabilla TashandraAktris Shareefa Daanish saat menghadiri diskusi kesehatan lambung di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang yang menjalani aktivitas harian cukup padat dan sering melewatkan waktu makan, masalah lambung mungkin menjadi salah satu penyakit yang sering dialami.

Aktris Shareefa Daanish termasuk penderita maag kronis, namun bukan hanya disebabkan karena kesibukan kerja, karena ia sudah mengalami sakit maag sejak berusia 9 tahun.

"Saya menderita maag sudah sejak 9 tahun, itu sudah penyakit menahun yang biasa untuk saya", katanya dalam diskusi kesehatan lambung di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Saat masih kecil, pemicu sakit maag yang dialaminya adalah karena tidak suka makan. Namun seiring bertambahnya usia dan kesibukan, penyebab maag yang dialami Daanish adalah karena makan yang tidak teratur, stres, gemar makan pedas, hingga minum kopi.

Sakit maag bahkan sampai membuat pemain film "Dara" ini beberapa kali masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Baca juga: Sakit Maag Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

"Yang saya ingat, pernah buka puasa pakai minuman bersoda langsung masuk IGD. Lainnya juga pernah belum sarapan makan agak telat langsung makan mie instan pedas."

"Itu yang paling parah sih karena setelah itu enggak langsung menyerang maagnya tapi vertigo. Benar-benar goyang kayak gempa, lalu muntah. Dari situ masuk IGD lagi," sambungnya.

Menyiasati kondisi tersebut, istri dari Farri Icksan Wibisana itu kini berusaha konsisten menyeimbangkan gaya hidupnya dengan olahraga dan lebih cermat memilih makanan yang dikonsumsinya serta tak membiarkan perut kosong.

"Selalu bawa camilan, berusaha makan tepat waktu dan kalau mau makan pedas, minum kopi atau soda setidaknya perut sudah diisi dulu," tuturnya.

Kini Daanish juga rutin mengonsumsi air perasan kunyit dan selalu membawa obat maag dan vertigo di tas ketika bepergian.

"Sekarang kalau makannya lagi benar bisa berkurang banget. Tapi kalau udah mulai ada yang miss, seperti telat makan, kurang tidur dan stress langsung berasa banget," ucap Daanish.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X