Kompas.com - 15/02/2020, 16:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Merias wajah memang butuh teknik yang benar agar kosmetik yang diaplikasikan bisa melekat dengan baik dan wajah terlihat segar.

Make up artist Bubah Alfian mengatakan, merias wajah tak hanya bergantung pada produk make up itu sendiri, tapi juga bagaimana kita mempersiapkan kulit kita sebelum berdandan.

Sebelum memakai makeup, selalu awali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Memakai riasan di atas kulit yang belum bersih, biasanya produk kosmetik tidak dapat menempel sempurna sehingga hasilnya tidak rata.

Penata rias Bubah Alfian saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Penata rias Bubah Alfian saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).
“Saran yang sering saya bagikan ke para klien adalah rajin membersihkan kulit wajah menggunakan produk dengan nol persen alkohol dan tidak meninggalkan residu hanya dalam satu usap saja,” ujar Bubah dalam acara Beauty Talk With Nivea & Bubah Alfian di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/2/2019).

Bubah menambahkan, saat membersihkan wajah, pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Setelah itu kita bisa memakai toner untuk menyegarkan wajah, dilanjutkan dengan pelembab dan tabir surya.

Setelah merias wajah, pembersihan wajah juga wajib dilakukan. Hal ini untuk memberikan kesempatan pada pori-pori kulit untuk bisa kemballi bernafas dengan bebas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk teknik pembersihan wajah setelah make up, Bubah memberikan tipsnya yakni, dengan membersihkan dahulu bagian mata yang biasanya harus ekstra karena adanya pemakaian eye shadow, eye liner dan maskara yang biasanya bersifat waterproof.

“Setelah mata baru bagian wajah lain dengan posisi ditarik ke atas pakai kapas. Teknik ini biar kulit kencang terus," ujar MUA yang jadi langganan para aktris ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.