Kompas.com - 16/02/2020, 21:42 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai faktor yang menjadi pendukung kesuksesan seorang pemimpin. Salah satunya adalah sika optimis.

Ya, bukan hal aneh jika seorang pemimpin harus memiliki sikap optimis untuk berhasil. Lagipula, tentu tak ada yang mau mengikuti pemimpin yang pesimistis bukan?

Tetapi rupanya hubungan antara optimisme dan efektivitas pemimpin tidaklah langsung, sedikit rumit, dan melibatkan kedua pihak, baik pemimpin dan anggota tim.

Sarjana kepemimpinan, Martin Chemers, berpendapat bahwa pemimpin yang efektif perlu memiliki kombinasi optimisme - sikap "bisa melakukan" - dan kepercayaan diri pada kemampuan kepemimpinan mereka sendiri - suatu campuran yang ia sebut sebagai "semangat."

Baca juga: 6 Tanda Kamu Siap untuk Posisi Pemimpin

Chemers menambahkan, bahwa bagi para pemimpin, sebagian besar keberanian adalah mengingatkan dirimu sendiri tentang kompetensimu dan mengingatkan anak buah tentang kompetensi mereka.

Dalam sebuah studi tentang taruna militer, yang dilakukan oleh Chemers dan rekan-rekannya, ditemukan bahwa taruna militer AS dinilai memiliki potensi lebih tinggi pada kepemimpinan jika mereka memiliki optimisme.

Namun, optimisme itu sendiri tidak memprediksi peringkat kinerja kepemimpinan para taruna. Jadi, tampaknya optimisme membantu seseorang terlihat seperti pemimpin yang baik, tetapi mungkin tidak secara langsung memengaruhi kinerja.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh para sarjana kepemimpinan Belanda, Annebel De Hoogh dan Deanne Den Hartog, ditemukan bahwa para pemimpin bisnis yang lebih baik, didefinisikan sebagai para pemimpin yang lebih mementingkan tanggung jawab sosial, yang selanjutnya berefek pada meningkatnya optimisme para pengikutnya.

Baca juga: Perempuan Mau Jadi Pemimpin? Tak Cukup Hanya Percaya Diri...

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.