Jaga Persahabatan demi Manfaat Besar bagi Kesehatan...

Kompas.com - 18/02/2020, 12:42 WIB
, SHUTTERSTOCK,

KOMPAS.com - Selain hari kasih sayang yang dikenal dengan sebutan Valentine's Day, satu hari sebelum perayaan yang jatuh pada setiap 14 Februari itu dikenal pula hari bernama Galentine's day.

Galentine's day adalah perayaan hari persahabatan di antara para perempuan.

Nah terkait dengan topik persahabatan, ada sebuah buku yang membahas mengenai persahabatan, dan menyebut pertemanan dapat menjadi kunci kesehatan yang baik.

Baca juga: Persahabatan Membuat Orang Merespons Sesuatu Secara Seragam

Buku berjudul “Friendship: the Evolution, Biology, and Extraordinary Power of Life’s Fundamental Bond” ditulis oleh jurnalis sains Lydia Denworth.

Di dalamnya, Lydia Denworth mengeksplorasi bagaimana persahabatan dapat memengaruhi kesehatan.

Denworth mengklaim, persahabatan yang kuat dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan membantu kesehatan mental.

Persahabatan yang kuat sangat bagus untuk sisi biologis kita,” kata Denworth dalam wawancara dengan laman Good Morning America.

Baca juga: Riset Ungkap Berapa Lama Sebuah Persahabatan Bisa Terbangun

"Persahabatan adalah tentang mengatasi tekanan dari kehidupan sehari-hari, dan itu berarti kau ada di sana untukku, dan aku di sana untukmu, ketika kita saling membutuhkan," sebut dia.

Denworth menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari penelitian yang ada terkait hubungan antara relasi sosial dan kesehatan.

Dia melihat bagaimana hubungan sosial dapat memengaruhi tubuh dan mengubah aspek biologis seseorang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X