Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karung Goni dari Pasar Minggu Melenggang di New York Fashion Week

Kompas.com - 18/02/2020, 18:33 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Perancang busana Maggie Hutauruk-Eddy berhasil memukau dunia dengan karyanya yang bertajuk Liga dari label 2Madison Avenue di New York Fashion Week 2020.

Dalam penampilannya kali ini ia menampilkan koleksi penuh warna dengan konsep mode berkelanjutan (sustainable fashion).

Bahan daur ulang yang dipakai Maggie antara lain karung goni dan kain perca. Ia bahkan menganggap dirinya sebagai wanita pengumpul karung.

“Jadi kalau mbak saya ke pasar, saya minta untuk kumpulkan karung goni. Karung ini dipakai para penjual untuk tatakan tukang beras,” ungkap Maggie dalam jumpa pers di Intercontinental Hotel, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (19/2/2020).

Karung-karung goni yang dikenakan benar-benar karung bekas lusuh yang ia temukan di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Maggie lantas mencucinya hingga bersih dan kemudian memotong pola yang diinginkan.

“Baru saya mulai baca tulisannya ada apa, ternyata tulisannya bla bla bla Tanzania. Jadi aku pikir, this is so special, ketemunya di Pasar Minggu,” katanya.

“Dari Tanzania ke Pasar Minggu, lalu saya pakai untuk fashion dan saya bawa ke New York,” imbuhnya.

Koleksi Liga rancangan designer Maggie Hutauruk-Eddy dalam jumpa pers di Intercontinental Hotel Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (18/2/2020).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Koleksi Liga rancangan designer Maggie Hutauruk-Eddy dalam jumpa pers di Intercontinental Hotel Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (18/2/2020).

Selain itu, Maggie juga menggunakan kain perca yang kebanyakan adalah ulos atau kain tradisional lainnya. Kain ini adalah potongan kain dari pakaian yang ia buat sebelumnya.

“Saya adalah pemulung bahan, saya pakai bahan-bahan reject atau denim yang sudah 5 tahun ada di stoknya tukang bahan. Saya enggak mau pakai yang 100 persen baru, kecuali print saya,” ucapnya.

Ke depannya, Maggie tengah menggodok rancangan yang lain yang bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang.

“Kalau ada plastik dan bahan lain, for sure. Saya mau pakai ban sebenarnya, tapi susah banget memotongnya,” ungkap Maggie.

Koleksi terbaru 2Madison Avenue ini juga mencuri perhatian karena menggunakan cetakan wajah pemimpin dunia Presiden AS Donald Trump, Presiden RI Joko Widodo dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com