Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Wajah Jokowi dan Susi Pudjiastuti yang "Terbang" ke NYFW 2020

Kompas.com - 18/02/2020, 18:51 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perancang busana Maggie Hutauruk- Eddy berbagi kisahnya sebelum membawa rancangan busana yang bertajuk Liga (League) ke New York Fashion Week 2020.

Koleksi di bawah naungan label 2Madison Avenue ini menjadi pembicaraan setelah melenggang di catwalk perhelatan akbar tersebut.

Pasalnya, selain karyanya yang eye catching dengan tabrak corak, warna, tekstur dan bentuk, Maggie juga meletakkan raut wajah aktivis lingkungan yang tengah mendunia, Greta Thunberg.

Baca juga: Melihat Koleksi 2Madison Avenue yang Tampil di New York Fashion Week

Selain itu ada juga wajah Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Joko Widodo, dan Mantan menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Maggie mengungkapkan, koleksi rancangannya ini berangkat dari keresahan kedua anaknya akan isu perubahan iklim dunia.

Maggie pun mengaku sadar bahwa isu ini harus disuarakan dalam bentuk apa pun termasuk melalui fashion.

Kedua anak Maggie lantas memperkenalkannya pada sosok Greta Thunberg, aktivis lingkungan muda yang berhasil meraih simpati dunia.

Baca juga: Ada Marilyn Monroe di Panggung Kecil 2madison Avenue...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 2madison Avenue (@2madisonavenue) on Feb 15, 2020 at 12:38am PST

“Dia kampanyekan tentang climate action. Banyak yang mencemooh dia, tapi foto-foto dia lagi berkampanye sangat menggugah hati saya."

"Dia berani mengekspresikan suara hatinya,” ujar Maggie dalam jumpa pers di Intercontinental Hotel, Pondok Indah, Jakarta, Selasa (19/2/2020).

Lebih jauh, dia mengungkapkan alasan meletakkan gambar para pemimpin dunia dalam karyanya.

“Saya sering memakai gambar tokoh yang sudah meninggal. Lalu saya berpikir mengapa tidak memakai gambar dari mereka yang masih eksis dan bisa memberi contoh,” ungkap dia.

Lalu ia memutuskan untuk membubuhkan gambar Jokowi dan Donald Trump yang dinilai sebagai pemimpin besar yang mampu memimpin perubahan.

“Kenapa Jokowi dan Donald Trump, karena merekalah yang harusnya mengambil peran dan memimpin perubahan,” ujar dia.

Baca juga: Pameran Kolaborasi 16 Seniman di Buzzart 2Madison

Sementara penambahan wajah Susi Pudjiastuti, tak lain karena Maggie begitu kagum pada langkah perempuan asal Pangandaran ini dalam upayanya menyelamatkan laut Indonesia.

"Lebih banyak leader yang melakukan hal positif yang sama, semakin masyarakat bersemangat melakukan hal serupa," kata dia.

Diharapkan, dengan disorotnya pesan Greta melalui lini busana miliknya, para pecinta mode yang banyak datang dari kalangan muda bisa terinspirasi, dan semakin peduli dengan isu perubahan iklim dunia.

“Kita masih butuh Greta versi Indonesia. Saya tahu Pak Jokowi punya banyak kerjaan, tapi kalau dibawa ke New York, siapa tahu bisa jadi 'PR' beliau ke depannya,” ujar Maggie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com