Jaga Kekebalan Tubuh dengan Asupan Buah dan Sayur

Kompas.com - 18/02/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi buah baibazIlustrasi buah


KOMPAS.com - Jika tingkat kekebalan tubuh Anda baik, maka kecil kemungkinannya terkena infeksi virus. Kekebalan tubuh atau imun dalam tubuh dapat dijaga dengan cara mengkonsumsi makanan mengandung vitamin C.

"Ketika berbicara mengenai sistem kekebalan tubuh, vitamin C adalah selebritas," kata Angel Planells, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics yang berbasis di Seattle.

“Namun, alih-alih meningkatkan asupan vitamin C saat Anda sakit, cobalah untuk mengonsumsinya rutin saat sehat,” lanjutnya.

Penelitian menunjukkan vitamin C bermanfaat untuk membantu orang lebih cepat pulih ketika terserang flu.

Tak perlu langsung berbondong-bondong membeli suplemen vitamin C untuk menjaga imun dalam tubuh karena bisa mendapatkannya melalui sumber alami dari buah dan sayur berikut ini:

1. Jambu biji
Kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg, lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per satu buahnya. Kandungan seratnya juga tinggi.

2. Semangka
Satu buah semangka yang dibagi menjadi dua mengandung 270 mg kalium, 30 persen dari nilai harian vitamin A, dan 25 persen vitamin C.

Kalori dalam semangka tidak banyak sama sekali. Satu buah semangka yang dibagi menjadi dua hanya mengandung 80 kalori.

Semangka juga menyediakan vitamin B6 dan glutathione. Tubuh membutuhkan vitamin, nutrisi, dan senyawa seperti glutathione ini untuk fungsi kekebalan tubuh yang baik.

3. Pepaya
Pepaya adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C. Satu buah papaya dapat memenuhi 224 persen kebutuhan vitamin C Anda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X