Tertawalah, Agar Sehat Tubuh dan Pikiran!

Kompas.com - 19/02/2020, 08:51 WIB
Ilustrasi tertawa shutterstockIlustrasi tertawa
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tertawa, atau sekedar tersenyum adalah aktivitas yang menyehatkan tubuh. Karenanya, isilah hari-harimu dengan tawa dan keceriaan, dan jangan biarkan kesedihan melanda.

Tertawa tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi kita. Bahkan karena manfaatnya, kini tertawa dijadikan sebuah terapi.

Sebuah penelitian dilakukan di Korea tahun 2017, untuk melihat efek terapi tertawa. Hasilnya, para pasien yang menjalani terapi tersebut, mampu mengatasi depresi yang sebelumnya dialami. Selain itu, kualitas tidur pun meningkat.

Manfaat tertawa bagi kesehatan

Tertawa tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Kita bahkan bisa mengurangi stres, menjaga kesehatan, mengurangi rasa sakit, hingga melawan kelupaan, dengan tertawa.

1. Mengatasi stres

Tertawa dapat menghadirkan suasana yang lebih rileks dan meningkatkan suasana hati. Otot-otot akan menjadi rileks saat kita tertawa.

Selain itu, tertawa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, serta mengurangi respons terhadap stres. Oleh karena itu, kita bisa merasa lebih tenang.

Sementara itu, peningkatan endorfin dan serotonin karena tertawa, dapat memperbaiki mood, dan memiliki efek yang serupa dengan antidepresan. Oleh karenanya, kita bisa menjadikan tertawa sebagai salah satu cara untuk menghadapi masalah yang sedang dialami.

Baca juga: Yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Kita Tertawa

2. Meningkatkan dan menjaga kesehatan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X