Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2020, 07:00 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Masalah kulit, terutama pada wajah, kerap menjadi sumber rasa tidak percaya diri. Melakukan terapi ke dokter kulit menjadi andalan banyak perempuan untuk menghilangkan masalah kulit tersebut.

Pemilik Nayya Beauty clinic, dr Yani Yuliana M.Biomed AAM mengatakan, sejauh ini, kebanyakan pasien datang dengan keluhan kulit berupa flek hitam, kerutan dan juga jerawat.

Biasanya, jerawat dialami oleh remaja di usia mulai dari 15 tahun. Sedangkan flek hitam dan kerutan, mulai dialami pada individu berusia 40 tahun.

“Jadi kalau usia 40 tahun ke atas sudah jelas dari ekonomi sudah mapan. Treatment yang banyak diminati itu rangking teratas keluhan flek, kerutan, baru peremajaan kulit,” ujar Yani dalam pembukaan Nayya Beauty clinic di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Masalah kerutan dan flek, kata Yani, bisa saja muncul karena faktor dari dalam yakni, manajemen stres.

“Enggak semata dari faktor luar aja. Dia bercerita stres di kerjaan, setiap hari pulang malam, enggak sempat minum suplemen perawatan,” ungkapnya.

Baca juga: Kulit Orang Asia Rentan Alami Flek Hitam di Wajah

Untuk itu menurutnya, tak hanya perawatan medis saja yang diperlukan oleh kulit, melainkan juga perawatan mental untuk membuat kita lebih rileks.

Sementara untuk masalah jerawat, biasanya yang datang ke kliniknya adalah orang muda.

Yani tak menyarankan untuk mereka yang masih muda namun kulitnya tak bermasalah datang ke klinik dan melakukan perawatan.

“Menurut saya belum perlu sih. Kalau untuk yang tidak punya masalah cukup dibersihkan dan dirawat sendiri saja,” ungkap Yani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com