Kompas.com - 20/02/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Masalah kulit, terutama pada wajah, kerap menjadi sumber rasa tidak percaya diri. Melakukan terapi ke dokter kulit menjadi andalan banyak perempuan untuk menghilangkan masalah kulit tersebut.

Pemilik Nayya Beauty clinic, dr Yani Yuliana M.Biomed AAM mengatakan, sejauh ini, kebanyakan pasien datang dengan keluhan kulit berupa flek hitam, kerutan dan juga jerawat.

Biasanya, jerawat dialami oleh remaja di usia mulai dari 15 tahun. Sedangkan flek hitam dan kerutan, mulai dialami pada individu berusia 40 tahun.

“Jadi kalau usia 40 tahun ke atas sudah jelas dari ekonomi sudah mapan. Treatment yang banyak diminati itu rangking teratas keluhan flek, kerutan, baru peremajaan kulit,” ujar Yani dalam pembukaan Nayya Beauty clinic di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Masalah kerutan dan flek, kata Yani, bisa saja muncul karena faktor dari dalam yakni, manajemen stres.

“Enggak semata dari faktor luar aja. Dia bercerita stres di kerjaan, setiap hari pulang malam, enggak sempat minum suplemen perawatan,” ungkapnya.

Baca juga: Kulit Orang Asia Rentan Alami Flek Hitam di Wajah

Untuk itu menurutnya, tak hanya perawatan medis saja yang diperlukan oleh kulit, melainkan juga perawatan mental untuk membuat kita lebih rileks.

Sementara untuk masalah jerawat, biasanya yang datang ke kliniknya adalah orang muda.

Yani tak menyarankan untuk mereka yang masih muda namun kulitnya tak bermasalah datang ke klinik dan melakukan perawatan.

“Menurut saya belum perlu sih. Kalau untuk yang tidak punya masalah cukup dibersihkan dan dirawat sendiri saja,” ungkap Yani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X