Kompas.com - 20/02/2020, 18:50 WIB
Bocah bernama Mark Millar itu mengaku mulai menenun gelang raksasa pada Oktober 2018, dengan alat tenun menggunakan tali elastis. VIA Guinness World RecordsBocah bernama Mark Millar itu mengaku mulai menenun gelang raksasa pada Oktober 2018, dengan alat tenun menggunakan tali elastis.

KOMPAS.com - Seorang bocah berusia 10 tahun asal Irlandia Utara mencatatkan namanya di Guinness World Records setelah mempu menenun gelang hingga sepanjang lebih dari 1.900 meter.

Bocah bernama Mark Millar itu mengaku mulai menenun gelang raksasa pada Oktober 2018, dengan alat tenun menggunakan tali elastis.

Tali semacam itu biasa digunakan oleh anak-anak untuk membuat kalung, dan gelang.

Baca juga: Rekor Dunia Baru, Naiki 36 Anak Tangga Hanya dengan Kepala

Berkat usahanya, Millar berhasil membuat gelang yang sangat panjang. Setelah itu, pihak keluarga memutuskan untuk memeriksa apakah capaian itu bisa dibukukan di Guinness World Records.

Pada September 2019, keluarga meminta bantuan kenalan mereka yang bekerja sebagai surveyor untuk secara resmi mengukur gelang Millar.

Dari pengukuran itu diperoleh catatan, gelang tersebut mencapai panjang 1.917 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pria 62 Tahun Coba Catatkan Nama Lagi di Rekor Dunia Plank

Capaian itu cukup untuk mengalahkan rekor sebelumnya yang tercatat sepanjang 1.089 meter, yang dibuat oleh seorang gadis asal Welsh pada tahun 2016.

"Saya kira, butuh waktu sekitar satu tahun untuk membuat gelang itu, dan saya melakukannya sendiri," kata bocah itu.

"Saya suka matematika di sekolah, sehingga saya juga menghitung pengukuran band-band yang saya buat," begitu kata Millar, yang dikutip Belfast Telegraph.

Baca juga: Catat Rekor Dunia, Koleksi 3.000 Tube Pasta Gigi

Hasil pengukuran diserahkan kepada pihak Guinness, dan Millar menerima sertifikat resminya pada minggu ini.

Millar mengaku sudah memikirkan proyek berikutnya, yakni berusaha untuk memecahkan rekor Guinness untuk rantai kertas terpanjang di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.