Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Desain Mahkota Emas Miss Grand Indonesia, Beratnya Capai 2 Kg

Kompas.com - 20/02/2020, 20:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desainer Ivan Gunawan memberi bocoran desain mahkota yang dirancangnya untuk pemenang Miss Grand Indonesia 2020.

Adapun yayasan Dunia Mega Bintang milik Ivan mulai tahun ini memegang lisensi kontes kecantikan tersebut.

Mahkota yang diberi nama "the world of victory" tersebut memiliki konsep flying stars alias bintang-bintang terbang. Harapannya, pemenang Miss Grand Indonesia nantinya bisa bersinar seperti bintang.

Baca juga: Miss Grand International Puji Kecerdasan Perempuan Indonesia

Menggandeng merek perhiasan emas YT Utama Putra, mahkota akan dipenuhi perpaduan emas putih, kuning dan rose gold yang dibuat seolah seperti ada bintang-bintang yang bersahutan.

"Akan ada perpaduan warna seperti bintang-bintang," kata Ivan ketika ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020).

Ivan tak menggambarkan secara detail desain mahkota tersebut. Namun, ia menyebutkan mahkota akan berukuran cukup besar dan tidak memerlukan jepit rambut tambahan.

"Karena dia berat jadi akan stay di kepala. Beratnya bisa kurang lebih 2 kg," ungkap keponakan desainer kondang Adjie Notonegoro itu.

Baca juga: Jadi Juara Miss Grand International, Miss Paraguay Pingsan di Panggung

Mahkota spesial

Ivan ingin mempersembahkan sebuah mahkota yang berbeda dari mahkota-mahkota terdahulu.

Menurut Managing Director YT Utama Putra, Arief Budiman mengatakan, mahkota yang memakan waktu pengerjaan selama empat bulan tersebut akan menjadi sebuah karya seni yang spesial dan belum pernah ada sebelumnya.

"Detail finishing-nya bukan kelas aksesori, tapi fine jewelry," ujarnya.

Ada beberapa alasan mengapa mahkota ini tidak menggunakan berlian seperti mahkota-mahkota kontes kecantikan lainnya. Salah satunya, dari faktor biaya yang diprediksi akan sangat besar.

"Kalau pasang diamond harganya unbelievable. Dan apakah perlu pakai diamond? Karena batunya sendiri banyak sekali, kami pakai sekitar 3.000 pieces untuk crown ini," ucap Arief.

Baca juga: Ivan Gunawan Bikin Aksesori Hijab Berbahan Emas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com