Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2020, 14:39 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Saat patah hati, kesusahan ataupun musibah melanda, wajar bila kita merasa sedih. Kesedihan adalah emosi yang normal dialami oleh semua manusia.

Meskipun, bersedih adalah sesuatu yang perlu dilakukan di saat-saat tertentu, tetapi kita juga tidak boleh terus-menerus terlarut dalam kesedihan.

Ketahui cara mengatasi kesedihan secara tepat agar kita dapat bangkit kembali dengan lebih bersemangat!

Setiap orang memiliki cara mengatasi kesedihan yang berbeda-beda. Namun, tentunya kita harus mempertimbangkan apakah cara yang dilakukan selama ini efektif dan sehat atau ternyata malah menyakiti lebih dalam lagi?

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kesedihan secara sehat yang bisa dicoba.

Sadari emosi sedih yang dialami

Pada saat tertentu, kesedihan tersebut tidak dapat diungkapkan dengan benar atau bahkan kita tidak sadar bahwa sedang bersedih. Langkah awal dari mengatasi kesedihan adalah dengan menyadari emosi sedih yang sedang dirasakan.

Menangis

Kamu mungkin adalah salah satu orang yang merasa bahwa menangis adalah cara mengatasi kesedihan yang membuat terlihat lemah.

Faktanya, menangis mampu membantu kita untuk mengeluarkan hormon stres dari dalam tubuh dan dapat menjadi sarana mengekspresikan kesedihan dengan benar.

Baca juga: Alasan Mengapa Pria Sulit Menangis

Ceritakan pada orang yang dipercaya

Memberitahukan pengalaman menyedihkan atau emosi sedih yang dialami kepada orang terdekat yang dipercaya tidak hanya membantu untuk bisa mengekspresikan rasa sedih, tetapi juga menyadarkan kita bahwa masih ada orang yang akan mendukung dan membantu memberikan solusi.

Berikan dukungan untuk diri sendiri

Tidak hanya dari teman, kita juga bisa memberikan dukungan kepada diri sendiri. Sesaat hal ini terdengar aneh, tetapi tidak ada salahnya mencoba cara mengatasi kesedihan yang satu ini.

Carilah tempat yang tenang dan sepi, seperti di kamar tidur. Letakkan tangan kanan di dada dan tangan kiri di perut sambil mengatakan dengan pelan bahwa kamu selalu ada dan peduli dengan kesedihan yang dialami oleh dirimu.

Baca juga: Saat Sedih, Cobalah Konsumsi 5 Makanan Berikut...

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com