Jangan Pakai Sandal Jepit saat Hamil, Kenapa?

Kompas.com - 21/02/2020, 15:35 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Tentu siapa pun akan sepakat dengan dalil yang menyebutkan bahwa sepatu berhak tinggi harus "diistirahatkan" selama masa kehamilan.

Tapi, mungkin akan banyak yang tak menyangka kalau ternyata pemakaian sandal jepit ketika mengandung ternyata merupakan ide yang buruk.

Kehamilan memberi tekanan ekstra pada persendian dan kaki. Sementara sandal jepit beralas datar tidak cukup memberikan dukungan lengkung yang diperlukan telapak kaki."

Baca juga: Cerita Ayu, Menyulap Karung Goni Jadi Sandal Jepit Cantik...

Demikian dijelaskan Dr Goh Shen Li, seorang konsultan kebidanan dan kandungan di Klinik S L Goh Women di Mount Alvernia Medical Center D.

Akibatnya, ibu hamil dapat mengalami plantar fasciitis -rasa sakit di bagian tumit dan kaki, jika mengenakan sandal jepit selama masa kehamilan. 

Jadi, singkirkanlah sandal jepit dan gantilah dengan alas kaki yang mampu menahan seluruh permukaan telapak kaki dengan baik. 

Baca juga: Hati-hati, Pakai Sandal Jepit Bisa Berdampak Buruk pada Kaki

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memilih sepatu yang pas di kaki, dengan tumit yang datar, kata Dr Goh.

Selain itu, sol pun harus memiliki lengkungan yang mendukung permukaan telapak kaki, demi membantu meminimalkan ketidaknyamanan, sekaligus menyerap goncangan.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X