Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 10:16 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Goop

KOMPAS.com – Anak-anak membutuhkan peran aktif ayah dalam pengasuhan, tak terkecuali untuk anak perempuan. Hubungan ayah dan gadis kecilnya yang positif akan membawa efek besar dalam kehidupannya, termasuk memengaruhi apakah ia akan tumbuh menjadi wanita yang percaya diri atau tidak.

Terapis pernikahan dan keluarga, Jed Diamond, mengatakan ketidakhadiran ayah dalam hidup seorang anak bisa menyebabkan trauma dan memicu kecemasan.

Ketidakhadiran itu bukan cuma secara fisik tapi juga emosional.

“Luka batin tersebut bisa menjadi masalah dari generasi ke generasi. Ketidakhadiran ayah memengaruhi segala hal dalam hidup kita, terutama hubungan dengan pasangan,” kata Diamond.

Ia mengatakan, yang dibutuhkan anak perempuan dari ayahnya adalah cinta tanpa syarat, serta kepeduliannya yang mendalam dalam mengasuh.

Seperti halnya kita yang sering meletakkan harapan dan mimpi kita pada pasangan, sebagai orangtua kita juga terkadang melakukannya pada anak-anak.

“Kita sering tidak melihat anak-anak sebagaimana adanya mereka, kita melihat buah hati kita sesuai apa yang kita harapkan. Apa yang mereka butuhkan adalah dilihat apa adanya dan kehadiran cinta dalam hidupnya,” ujarnya.

Baca juga: “Daddy Issue”, Mengenali Ciri dan Mengatasinya

Sebagai ayah, Anda bisa menunjukkan rasa cinta itu dengan tertarik secara aktif akan kehidupan anak perempuannya. Tertarik “secara aktif” bukan berarti menanyakan pada anak setiap hari bagaimana harinya di sekolah, tetapi berpartisipasi dalam hobi dan aktivitas yang disukai anak.

Misalnya, jika anak senang mengoleksi koin langka, ayah bisa mengajaknya melihat pameran koin atau bersama-sama menelusuri internet untuk mengumpulkan informasi. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada minat anak lainnya.

/IlustrasiShutterstock /Ilustrasi

Pernikahan yang sehat
Hubungan dalam pernikahan ayah dan ibu merupakan contoh hubungan yang dikenal anak pertama kalinya. Jika seorang ayah tidak menghargai istrinya atau melakukan kekerasan, anak perempuan akan mempercayai bahwa itu adalah bentuk hubungan dengan suaminya kelak.

Sebaliknya, jika ayahnya menunjukkan cinta, rasa hormat, dan hubungan yang sehat dengan ibunya, anak akan menirunya di kehidupannya saat dewasa.

Seorang ayah yang selalu mendukung anaknya, walau terkadang berbeda pendapat, akan menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat dan citra diri positif. 

Baca juga: 5 Cara Agar Ayah Lebih Terlibat dalam Pengasuhan Anak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com