Kompas.com - 23/02/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kulit yang dibersihkan dengan rutin dari debu, kotoran, dan sisa makeup, merupakan syarat utama dari wajah yang segar dan sehat. Dibutuhkan produk pembersih wajah yang membersihkan maksimal tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit.

Kebanyakan sabun muka mengklaim mampu mengangkat kotoran dan minyak sehingga kulit benar-benar bersih. Namun, kulit yang terasa “kesat” setelah mencuci muka sebenarnya bisa menandakan kulit menjadi kering.

Menurut dr.Eddy Karta Sp.KK wajah yang terlihat berkilau dan berminyak, menurut dia belum tentu menandakan kulit berminyak.

“Minyak di wajah bukan hanya dimiliki oleh tipe wajah berminyak, tapi juga bisa terjadi pada semua jenis kulit karena faktor dehidrasi, udara kering, dan paparan AC,” kata dokter yang berpraktik di klinik C(E)K Jakarta ini.

Brand ambassador Senka, aktris Yuki Kato.Dok Senka Brand ambassador Senka, aktris Yuki Kato.
Penggunaan sabun wajah yang membuat kulit kering, justru akan memicu lebih banyak sebum atau minyak.

“Jadi lapisan atasnya kering, tapi lapisan bawahnya produksi minyak. Seharusnya sel kulit mati lepas tiap beberapa hari tapi nggak bisa, akibatnya komedo nggak bisa keluar. Ibaratnya minyak dilapisi oleh cling wrap. Jadi bisa berjerawat,” papar Eddy.

Ia mengatakan, produk sabun wajah (facial foam) memang mampu menarik keluar kotoran dan sel kulit mati yang terjebak di pori-pori. Namun, pilih produk yang mempu menjaga kelembaban kulit.

Baca juga: Tanda Produk Pembersih Wajah Tak Cocok di Kulit

Busa padat

Salah satu inovasi dalam dunia kecantikan, khususnya produk facial foam adalah busa padat yang mampu membersihkan wajah sampai ke pori-pori, namun tetap membuat kulit lembab.

Busa padat (micro dense foam) ini telah dipatenkan oleh Shiseido Group, perusahaan kosmetik asal Jepang, dan dipakai dalam produk Senka.

Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni, menjelaskan busa padat berukuran mikro sehingga bisa masuk ke pori-pori.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X