Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 20:33 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kulit yang dibersihkan dengan rutin dari debu, kotoran, dan sisa makeup, merupakan syarat utama dari wajah yang segar dan sehat. Dibutuhkan produk pembersih wajah yang membersihkan maksimal tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit.

Kebanyakan sabun muka mengklaim mampu mengangkat kotoran dan minyak sehingga kulit benar-benar bersih. Namun, kulit yang terasa “kesat” setelah mencuci muka sebenarnya bisa menandakan kulit menjadi kering.

Menurut dr.Eddy Karta Sp.KK wajah yang terlihat berkilau dan berminyak, menurut dia belum tentu menandakan kulit berminyak.

“Minyak di wajah bukan hanya dimiliki oleh tipe wajah berminyak, tapi juga bisa terjadi pada semua jenis kulit karena faktor dehidrasi, udara kering, dan paparan AC,” kata dokter yang berpraktik di klinik C(E)K Jakarta ini.

Brand ambassador Senka, aktris Yuki Kato.Dok Senka Brand ambassador Senka, aktris Yuki Kato.
Penggunaan sabun wajah yang membuat kulit kering, justru akan memicu lebih banyak sebum atau minyak.

“Jadi lapisan atasnya kering, tapi lapisan bawahnya produksi minyak. Seharusnya sel kulit mati lepas tiap beberapa hari tapi nggak bisa, akibatnya komedo nggak bisa keluar. Ibaratnya minyak dilapisi oleh cling wrap. Jadi bisa berjerawat,” papar Eddy.

Ia mengatakan, produk sabun wajah (facial foam) memang mampu menarik keluar kotoran dan sel kulit mati yang terjebak di pori-pori. Namun, pilih produk yang mempu menjaga kelembaban kulit.

Baca juga: Tanda Produk Pembersih Wajah Tak Cocok di Kulit

Busa padat

Salah satu inovasi dalam dunia kecantikan, khususnya produk facial foam adalah busa padat yang mampu membersihkan wajah sampai ke pori-pori, namun tetap membuat kulit lembab.

Busa padat (micro dense foam) ini telah dipatenkan oleh Shiseido Group, perusahaan kosmetik asal Jepang, dan dipakai dalam produk Senka.

Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni, menjelaskan busa padat berukuran mikro sehingga bisa masuk ke pori-pori.

“Busa ini tidak gampang pecah, sehingga cepat melimpah busanya atau whip,” kata Fanny dalam acara temu media di Jakarta (18/2).

Tekstur whip yang dihasilkan membuat proses mencuci wajah jadi lebih higienis karena tangan tidak langsung bersentuhan dengan wajah.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kulit Wajah Bebas Komedo

Menurut Fanny, cara membuat busa padat sangat mudah. Yakni, produk sabun muka Senka dituangkan sekitar dua sentimeter ke telapak tangan, lalu ditambahkan satu sendok teh air, dan lakukan gerakan memutar sebanyak mungkin.

“Makin cepat putaran dilakukan, makin besar pula whip yang dihasilkan. Jadi ada sensasi fun dan enjoyable,” katanya.

Terlaris

Produk Senka sendiri sudah lama ada di Jepang. Produk ini dalam 10 tahun terakhir diklaim menjadi produk sabun muka terlaris.

“Produk ini jadi yang terlaris karena kualitas dan karakter produknya. Terutama menonjolkan micro dense yang hanya dimiliki oleh Senka,” kata General manager Shiseido Cosmetic Indonesia, Krisna Murti.

Di Indonesia, Senka menunjuk artis Yuki Kato sebagai brand ambassador. Tahun ini juga diluncurkan kampanye #PerfectWhip210 melalui gerakan dance sederhana melalui iklan agar konsumen dapat memahami langkah-langkah mencuci muka dengan Senka.

“Aku sudah kenal produk ini sekitar 5 tahun lalu ketika tinggal di Jepang untuk belajar bahasa. Memang yang menyenangkan dari Senka kita bisa memainkan whip-nya yang besar dan padat,” kata Yuki dalam acara yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com