Terjadinya Kehamilan Tak Segampang Bertemunya Sperma dengan Sel Telur

Kompas.com - 23/02/2020, 21:53 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Pernyataan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawatty yang menyebutkan bahwa perempuan bisa saja hamil karena berenang dengan lawan jenis memang sudah diralat. Sitti juga sudah meminta maaf dan mengakui pernyataannya keliru.

Meski begitu, pernyataan awal tersebut mungkin bisa menunjukkan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki pengetahuan yang benar akan kesehatan seksual dan reproduksi.

Dijelaskan oleh dokter obstetri dan ginekologi, Ivan Rizal Sini, MD, FRANZCOG, GDRM,  kehamilan pada wanita membutuhkan proses yang panjang.

Seorang wanita yang sudah puber akan mengeluarkan sel telur setiap bulan untuk bisa di fertilisasi oleh sperma dalam kurun waktu 24-48 jam. Jika tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim akan luruh atau disebut menstruasi.

Ivan mengatakan, kehamilan juga hanya bisa terjadi pada masa subur atau ovulasi.

“Bicara tentang masa subur dan berhubungan, itu juga enggak selamanya bisa jadi kehamilan, karena sel telur itu tidak selamanya bagus,” ujar Ivan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/2/2019).

Baca juga: Tips Menghitung Masa Subur Berdasarkan Siklus Menstruasi

Ivan menambahkan, pada saat masa subur, akan terjadi peningkatan aktifitas dari hormon yang dikenal sebagai hormon estradiol dan progesteron. Hormon itu berfungsi untuk mengatur reseptifitas dari rahim yang akan meningkatkan lendir dalam rahim.

“Lendir itu yang yang akan menjadi medium untuk sperma bisa berenang dari mulai serviks, uterus, sampai ke saluran telur, baru ke sel telur,” papar dokter dari RS Bunda Menteng Jakarta ini.

Sementara itu, sperma membutuhkan medium untuk bisa berenang, yaitu cairan semen.

“Enggak bisa sembarang sperma yang disemprotkan akan bisa terjadi kehamilan,” ucapnya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X