4 Langkah Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Kompas.com - 25/02/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Tumit kering dan pecah-pecah merupakan masalah pada kaki yang banyak dialami. Menurut sebuah survei, sekitar 20 persen orang dewasa mengalaminya. Tumit pecah-pecah memang bisa dialami siapa saja, orang dewasa dan anak-anak, laki-laki atau perempuan.

Bagi sebagian besar orang, tumit pecah-pecah bukan sesuatu yang serius. Mungkin hanya menyebabkan rasa tidak nyaman saja saat bertelanjang kaki atau pakai alas kaki dengan bagian belakang terbuka.

Tetapi, ada juga kasus tumit pecah-pecah yang menjadi dalam dan menyebabkan nyeri.

Perawatan pedicure memang bisa memperbaiki kondisinya, namun tak semua orang sempat melakukannya ke salon. Kabar baiknya, kita bisa mengatasi tumit pecah-pecah di rumah. Hemat waktu dan tentu saja uang.

1. Rendam dan eksfoliasi
Seminggu sekali luangkan waktu sebentar setelah mandi untuk memanjakan kaki. Jika tumit kamu belum terlalu lembut setelah mandi, rendamlah dalam air hangat sekitar 10 menit.

Tak ada salahnya mencampur air hangat itu dengan beberapa tetes minyak esensial atau garam khusus. Setelah itu, eksfoliasi atau scrub kaki menggunakan sikat khusus atau batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca juga: Selalu di Rumah, Mengapa Tumit Sering Pecah-pecah?

2. Lembabkan
Untuk tumit dengan kondisi kulit yang keras, sangat penting untuk melembabkannya setiap hari menggunakan body losion. Agar lebih efektif, pilih pelembab dengan kandungan urea atau lactic acid karena bisa mengikis sel kulit mati dan menghidrasi. Di pasaran sudah banyak dijual pelembab khusus tumit.

Kita juga dapat membuat sendiri pelembab kaki. Caranya, oleskan minyak (bisa minyak zaitun atau minyak kelapa) di tumit setelah merendam kaki. Kemudian setelah agak meresap bungkus kaki dengan kaus kaki atau pembungkus plastic.

3. Pilih alas kaki
Jika pecah-pecah di tumit selalu berulang, mungkin kamu perlu mengevaluasi koleksi alas kaki. Sepatu yang terlalu ketat atau bagian tumit yang keras bisa memperburuk kondisi.

4. Rutin merawat
Seperti halnya memakai skincare untuk kulit wajah, penting juga memberi kulit kaki perhatian. Selalu beri pelembab dan eksfoliasi rutin seminggu sekali.

Pelembab di tumit sebaiknya dipakai pagi hari untuk meningkatkan elastisitas kulit sebelum berkegiatan. Ulangi lagi penggunaan pelembab di siang atau malam hari.

Baca juga: Apa Beda Krim Pelembab Harga Jutaan dengan yang Murah?

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X