Kenali, Bermacam Penyakit yang Mengintai saat Banjir

Kompas.com - 26/02/2020, 14:08 WIB
Petugas saat mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di Jalan Karet Pasar Baru, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas saat mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di Jalan Karet Pasar Baru, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir.

KOMPAS.com - Bencana banjir kerap kali datang bersama dengan musim hujan. Air kotor yang masuk ke dalam pemukiman, bisa menjadi pembawa penyakit.

Untuk itu kita harus tetap waspada terhadap beberapa penyakit yang mungkin mengintai saat banjir melanda.

Dr Reyni K dari Rumah Sakit Premier Surabaya memaparkan beberapa penyakit yang bisa saja menyerang saat banjir.

Baca juga: Tips Bersihkan Beragam Perabot Rumah Pasca Banjir

1. Diare, kolera, dan disentri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri rotavirus, shigella, e-coli, dan cryptosporidium ini biasanya akan membuat intensitas buang air besar menjadi lebih sering.

Lalu, feses  pun menjadi encer hingga menyebabkan tubuh lemas karena kurang cairan.

2. Demam berdarah

Demam berdarah juga harus diwaspadai. Karena saat banjir, akan ada banyak genangan yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Baca juga: Mengenal Leptospirosis, Penyakit Langganan Pasca-Bencana Banjir

3. Leptospirosis

Leptospirosis atau kencing tikus adalah penyakit yang menyerang manusia yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X