Cara Mudah Hentikan Kebiasaan “Ngemil” Tengah Malam

Kompas.com - 27/02/2020, 08:10 WIB
Ilustrasi bekerja sambil ngemil grinvaldsIlustrasi bekerja sambil ngemil

KOMPAS.com – Jika kamu banyak merasakan stres di siang hari, kemungkinan besar kamu akan makan berlebihan di malam hari. Ada solusi mudah untuk menghantikan kebiasaan buruk ini.

Makan banyak di malam hari, termasuk ngemil, bukan cuma membuat berat badan terus naik tapi juga mengancam kesehatan. Sebagian besar kebiasaan ngemil tengah malam dipicu oleh stres.

Menurut penelitian, solusi yang paling efektif adalah cukup tidur saat malam. Hal ini karena kualitas tidur malam yang terpenuhi akan melindungi kita dari tekanan stres keesokan harinya.

“Kami percaya tidur bisa membantu para pekerja untuk menghadapi stres sehari-hari, karena tidur bisa membuat seseorang menjadi lebih berenergi dan merasa awas,” kata salah satu peneliti Chu-Hsiang Chang Ph.D.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kurang tidur akan membuat kita bereaksi berlebihan pada stressor (sumber stres).

Kurang tidur juga membuat kita sulit mengambil keputusan terkait makanan secara sadar.

Chang mengatakan, yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidur, bukan hanya kuantitasnya. Namun, rekomendasi umum menyebut orang dewasa seharusnya tidur 7-8 jam setiap malam.

Walau begitu, setiap orang adalah unik dan mungkin butuh durasi tidur yang berbeda-beda untuk kesehatan yang optimal. Salah satu tips untuk mengetahui kebutuhan tidur kita adalah melacak waktu tidur dan bangun secara alami tanpa bantuan alarm.

Baca juga: Waspadai, 5 Risiko Hobi Ngemil di Malam Hari

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X