Apakah Air Lemon Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 27/02/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi air lemon shutterstockIlustrasi air lemon
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segala hal mungkin sudah kita coba untuk mendapatkan berat badan ideal, termasuk menjalani diet pengurusan badan. Salah satu anjuran yang mungkin sering kita terima adalah mengonsumsi air lemon.

Membuatnya pun tak sulit, yakni tinggal mencampurkan air putih dengan perasan atau jus lemon. Bagaimana klaim diet untuk lemon demi badan yang kurus ini?

Ada beberapa klaim manfaat lemon untuk diet berserta kajian ilmiah di baliknya, misalnya:

1. Membantu tubuh senantiasa terhidrasi

Mencukupkan kebutuhan cairan amat penting untuk kondisi hidrasi, mulai dari mengendalikan temperatur tubuh hingga meningkatkan performa fisik.

Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa senantiasa terhidrasi berkorelasi terhadap penurunan berat badan.

Misalnya, dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Nutrition, meningkatkan hidrasi tubuh berpotensi untuk meningkatkan pemecahan lemak dan mempercepat tubuh untuk ‘menyingkirkan’ lemak.

Karena sebagian besar air lemon pada dasarnya adalah air putih, minuman ini berpotensi membantu kita senantiasa terhidrasi. Namun, manfaat tersebut tentu ada pada air putihnya.

Baca juga: Seberapa Efektif Air Lemon Bakar Lemak Tubuh?

2. Rendah kalori

Tanpa dicampurkan bahan lain, campuran air dengan perasan buah lemon menghasilkan minuman yang rendah kalori. Misalnya saja, jika kita memeras setengah buah lemon, energi yang didapatkan hanya enam kalori saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X