Kompas.com - 27/02/2020, 16:29 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menghirup udara kotor dan dikelilingi asap rokok mungkin menjadi "makanan" sehari-hari Anda. Otomatis, risiko masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia pun meningkat.

Jangan khawatir, sudahkah mencoba makanan pembersih paru-paru?

Sebenarnya, paru-paru adalah organ yang bisa "membersihkan" dirinya sendiri, sesaat setelah ia terbebas dari paparan asap dan zat berbahaya. Contoh kecilnya adalah paru-paru mantan perokok.

Namun, ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang bisa menghilangkan iritasi serta lendir di dalamnya. Apa saja, ya?

1. Bawang putih

.SHUTTERSTOCK .
Bawang putih dikenal sebagai makanan pembersih paru-paru, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kadar allicin di dalamnya bisa melawan infeksi dan peradangan.

Bawang putih juga dipercaya sebagai makanan yang efektif meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

2. Apel

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Buah berwarna merah yang lezat ini dianggap sebagai makanan pembersih paru-paru, karena mengandung banyak vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan sistem pernapasan.

Ketika fungsi sistem pernapasan sehat, maka penyakit paru-paru dapat dicegah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.