Batik, Tari, dan Kuliner Nusantara di Universitas Coimbra, Portugal

Kompas.com - 28/02/2020, 10:18 WIB
Acara Indonesia: A Splendid Paradise Sense The Beauty digelar di depan sivitas akademika Fakultas Seni, Universitas Coimbra, Portugal -salah satu universitas tertua di Eropa. DOKUMENTASI KBRI LISBONAcara Indonesia: A Splendid Paradise Sense The Beauty digelar di depan sivitas akademika Fakultas Seni, Universitas Coimbra, Portugal -salah satu universitas tertua di Eropa.

KOMPAS.com - Acara Indonesia: A Splendid Paradise “Sense The Beauty”  digelar di depan sivitas akademika Fakultas Seni, Universitas Coimbra, Portugal -salah satu universitas tertua di Eropa.

Pameran budaya pada Rabu (26/2/2020) ini menampilkan peragaan busana batik dan pakaian tradisional Indonesia bertajuk “PPI Portugal & Friends”.

Banyaknya masyarakat internasional -termasuk di Portugal yang tak mengetahui keindahan dan keberagaman Indonesia, menjadi latar belakang digelarnya acara ini.

Baca juga: Kreasi Kolaborasi Batik X Cork Bakal Lahir di Portugal

Demikian diungkapkan Ika Yuwiani Puspasari, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Portugal, seperti tertuang dalam siaran pers KBRI Lisbon yang diterima Kompas.com.

.DOKUMENTASI KBRI LISBON .

"Kami berharap pameran Indonesia: A Splendid Paradise, Sense The Beauty ini dapat memperkenalkan, bahwa Indonesia adalah satu negara yang memiliki keindahan laksana kepingan surga yang jatuh ke bumi," kata Ika.

Pameran budaya Indonesia ini merupakan yang pertama kali diadakan di Coimbra.

Ika menyebut, posisi Universitas Coimbra, sebagai perguruan tinggi terkemuka di Portugal, dipandang sebagai wadah yang sangat efektif untuk melakukan kegiatan promosi.

Baca juga: “Jogja Kota Batik Dunia” Unjuk Gigi di Lisbon, Portugal

Acara Indonesia: A Splendid Paradise Sense The Beauty  digelar di depan sivitas akademika Fakultas Seni, Universitas Coimbra, Portugal -salah satu universitas tertua di Eropa.DOKUMENTASI KBRI LISBON Acara Indonesia: A Splendid Paradise Sense The Beauty digelar di depan sivitas akademika Fakultas Seni, Universitas Coimbra, Portugal -salah satu universitas tertua di Eropa.

Dalam acara ini, kata Ika, PPI Portugal ingin memberi sumbangsih dalam mempromosikan Indonesia di Portugal.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar RI di Lisbon Ibnu Wahyutomo bersama Wakil Rektor Universitas Coimbra, João Nuno Calvão da Silva.

Sebelum membuka kegiatan, Ibnu diajak untuk mengunjungi Jardim Botânico, kebun yang dibangun sejak tahun 1772 dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman dari berbagai belahan dunia.

Selain peragaan busana, juga terdapat pameran fotografi, pameran batik dan tenun, persentasi program beasiswa Indonesia, serta penampilan tari tradisional Indonesia.

Baca juga: Saat Kain Tenun Khas NTT Dikalungkan kepada Presiden Portugal...

Duta Besar RI di Lisbon Ibnu Wahyutomo bersama Wakil Rektor Universitas Coimbra, João Nuno Calvão da Silva.DOKUMENTASI KBRI LISBON Duta Besar RI di Lisbon Ibnu Wahyutomo bersama Wakil Rektor Universitas Coimbra, João Nuno Calvão da Silva.

Tak lupa, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner Indonesia seperti rendang, sate ayam, bakso, gado-gado, nasi kuning, dan beberapa jajanan pasar.

Pameran budaya Indonesia merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh PPI Portugal.

Diharapkan pada tahun mendatang, kegiatan ini dapat menjaring lebih banyak pengunjung, demi memperbanyak informasi dan pengetahuan tentang Indonesia bagi publik di negeri itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X