Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Butuh Nike, atau Nike yang (Lebih) Butuh Liverpool?

Kompas.com - 28/02/2020, 12:33 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Kesepakatan antara Liverpool dan Nike telah tercapai. Hitung mundur pun telah dimulai. Per 1 Juni 2020, Nike akan menjadi penyedia kit resmi Liverpool Football Club.

Redaksi Liverpool.com mengaku sudah sempat melihat konsep jersey yang dibuat pabrikan asal Oregon, Amerika Serikat tersebut. 

Berita tentang kesepakatan besar ini sebelumnya sempat menghadapi banyak keriuhan. Namun ini sekaligus menjadi momen "PR" yang positif dan langka bagi Nike dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Usai New Balance, Akankah Liverpool Pakai Jersey Pasaran dengan Nike

Memang, tahun 2019 bukan tahun yang terbaik bagi Nike. Salah satunya dengan, terbongkarnya skandal Alberto Salazar, dalam investigasi Badan Anti-Doping Amerika Serikat (USADA).

Tim pelatihan Proyek Oregon di Portland yang dikelola Salazar, dan mendapat dukungan finansial dari Nike, terbukti "mengatur dan memfasilitasi perilaku doping yang dilarang".

USADA sempat menyelidiki potensi pelanggaran doping, Salazar saat tengah melatih Mo Farah yang dia antarkan menjadi juara Olimpiade empat kali.

Baca juga: New Balance Rilis Koleksi Perayaan Kesuksesan Liverpool di Eropa

Bahkan, Nike sampai harus menutup Oregon Project, setelah hukuman skorsing empat tahun terhadap Salazar. Tak hanya itu, Nike juga menutup situs resmi Nike Oregon Project.

Lalu, sebuah film dokumenter di BBC memberi perhatian lebih pada Salazar.

Itu berarti sorotan sekali lagi jatuh pada Nike, hingga menempatkan mereka sebagai pihak yang membutuhkan sokongan "PR". Di situlah Liverpool masuk.

Apalagi di kancah Liga Premier, Inggris dalam beberapa tahun terakhir, Nike terlihat dari sisi prestasi. Demikian bunyi ulasan yang dikutip dari laman Liverpool.com.

Tahun-tahun kejayaan, ketika Nike memasok kit untuk Manchester United dan Arsenal yang merajai Liga Inggris tinggal kenangan.

Lalu, Nike saat ini hanya diwakili oleh Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Brighton. Dan, harus diakui, sokongan untuk Brighton bukan kunci sukses Nike di kancah global.

Baca juga: Liverpool Tergiur Uang dari Nike, dan Campakkan New Balance?

Jadi adakah pilihan lebih baik bagi Nike selain (tetap) merangkul Juara Eropa, Juara Dunia, dan kini Juara Liga Premier Inggris?

Khusus untuk Liverpool, klub ini sedang terus berkembang, dan menjadi semakin kuat, bahkan menjelma menjadi kekuatan global dalam sepak bola.

Nama Virgil Van Dijk, kapten tim nasional Belanda dan secara luas dianggap sebagai bek terbaik di dunia sepak bola saat ini, dan kandidat penerima Ballon d'Or ada di sana.

Gaya dua pemain asal Belanda, Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk, saat merayakan gol pada pertandingan Liverpool vs Genk dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Anfield, 5 November 2019. AFP/OLI SCARFF Gaya dua pemain asal Belanda, Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk, saat merayakan gol pada pertandingan Liverpool vs Genk dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Anfield, 5 November 2019.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com