Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus

Kompas.com - 29/02/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi sakit ShutterstockIlustrasi sakit

KOMPAS.com - Tak ada seorang pun yang ingin sakit, apalagi jika harus sakit bersamaan dengan keluarga di rumah.

Ini biasanya rentan terjadi jika sakit disebabkan oleh virus, termasuk flu yang bisa dengan mudah menyebar saat ada satu anggota keluarga di rumah terserang flu.

Lalu, bagaimana agar virus tak mudah menyebar?

Sabun, air, ulangi

Penyebaran segala jenis virus dimulai dari tangan dan bisa diakhiri dengan mencuci tangan.

Bukan rahasia lagi bahwa mencuci tangan sangat penting untuk mencegah penyebaran kuman dan virus.

Sayangnya, justru masih banyak orang yang belum menerapkan kebiasaan ini. Bahkan, sebuah studi menunjukkan hanya 5% orang yang mencuci tangan dengan baik dan benar.

Baca juga: Virus Corona Bikin Sandiaga Uno Cuci Tangan sampai 20 Kali Sehari

"Cara virus berpindah dari satu orang ke orang lain dan dari satu tempat ke tempat lain biasanya bukan karena kamu langsung tertular batuk dari seseorang yang sakit," jelas pakar penyakit menular anak Frank Esper, MD.

"Sebaliknya, seseorang biasanya batuk di tangan mereka dan lalu menyentuh sesuatu, seperti pintu. Kemudian orang lain menyentuh benda itu dengan tangan dan tangan itu berakhir di mulut mereka - bersama dengan virus."

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk melindungi diri selama musim hujan dan flu adalah memutus siklus transmisi dengan mencuci tangan secara rutin.

Hal lain yang penting diingat juga adalah virus apa pun yang mungkin sudah ada di tubuhmu, memiliki potensi untuk menyebar ke orang lain dengan cara yang sama.

Jadi, mencuci tangan setiap kali batuk, atau setiap kali akan berinteraksi dengan seseorang adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan.

“Ini adalah salah satu alasan, mengapa dokter selalu mencuci tangan sebelum mereka melihat pasien dan melakukannya kembali setelah selesai memeriksa pasien," jelas Dr. Esper.

Baca juga: 7 Langkah Cuci Tangan yang Efektif Singkirkan Kuman

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X